ANTARA Riau

logo
  • Home PAN Riau Kecewa Irwan Dan Syamsuar Ikut Serta Deklarasi Dukung Jokowi

PAN Riau Kecewa Irwan Dan Syamsuar Ikut Serta Deklarasi Dukung Jokowi


Pekanbaru,(Antarariau.com)- Politisi Partai Amanat Nasional Riau Sunaryo menyayangkan sikap Ketua DPW PAN Riau yang juga Bupati Kepulauan Meranti menyatakan deklarasi mendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Banyak kader PAN yang kecewa dengan sikap Pak Irwan (Ketua DPW PAN) dan sikap Pak Syamsuar (Gubernur Riau terpilih yang diusung PAN). Dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat internal untuk membahas ini," sebut Sunaryo yang juga merupakan Wakil Ketua DPW Riau Sunaryo di Pekanbaru, Kamis.

Dikatakannya, dengan tegas deklarasi yang disampaikan Irwan Nasir dan Syamsuar tidak merepresentasikan partai, melainkan dukungan pribadi masing-masing. Sesuai dengan arahan DPP PAN, Ia menegaskan bahwa PAN berkomitmen untuk mendukung pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 mendatang.

"Saya melihat Pak Irwan bersikap seperti itu sebagai Bupati (pribadi), saya tidak melihat dia meminta masyarakat untuk memilih presiden yang dideklarasikannya. Namun tentunya kalau di PAN sendiri jelas, kita tetap Prabowo-Sandi," ujarnya Sunaryo yang merupakan Wakil Ketua DPRD Riau itu.

Menanggapi desakan DPC PAN Kampar agar DPP PAN mencopot Irwan Nasir dari jabatannya, Sunaryo melihat hal tersebut wajar sebagai bentuk kekecewaan. Namun ia menyarankan agar PAN tidak terbebani dengan persoalan ini.

"Itu kan aspirasi dari kawan-kawan, mungkin sikap kekecewaan kawan-kawan sebagian memang ada mengusulkan seperti itu," paparnya.

"Kalau bisa jangan ribut-ributlah internal kita, habis energi saja. Sementara kita punya target untuk Pilpres," sambung Sunaryo.

Sementara itu, Politisi PKS Riau, Mansyur HS meyakini tindakan kepala daerah dalam deklarasi tersebut bukan berasal dari hati nurani mereka. Ia menduga ada intervensi yang terjadi.

"Hal seperti ini wajar dalam politik, di satu sisi saya memahami apa yang dilakukan kepala daerah, dalam kondisi Riau saat ini. Banyak dana pusat yang belum tersalurkan. Biasanya kalau mau cepat cair, berikanlah dukungan, ada Indikasi seperti itu saya lihat," ujar Mansyur HS.

Sebagai informasi, berikut nama-nama kepala daerah yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin yakni Syamsuar (Gubernur Riau terpilih), Edy Natar Nasution (Wakil Gubernur Riau terpilih), Firdaus MT (Wali Kota Pekanbaru), Amril Mukminin (Bupati Bengkalis), Aziz Zaenal (Bupati Kampar).

Kemudian ada Suyatno (Bupati Rokan Hilir), Irwan Nasir (Bupati Kepulauan Meranti), Zulkifli (Wali Kota Dumai), Mursini (Bupati Kuantan Singingi), Yopi Arianto (Bupati Indragiri Hulu), M Haris (Bupati Pelalawan), Sukiman (Bupati Rokan Hulu).

Deklarasi diihadir ratusan relawan Pro Jokowi (Projo) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau, Rabu (10/10).

Sementara, Pihaknya Bawaslu Riau menjadwalkan pemanggilan terhadap kepala daerah tersebut.

Komentar Anda

Top