ANTARA Riau

logo
  • Home Pekanbaru Perpanjang Pemberian Imunisasi MR Hingga Desember

Pekanbaru Perpanjang Pemberian Imunisasi MR Hingga Desember


Pekanbaru,(Antarariau.com) -  Pemerintah Kota Pekanbaru akan memperpanjang pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) bagi bayi usia sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun, sampai Desember 2018.

"Perpanjangan ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan RI Nomor SR.02.06/ Menkes/680/2018 tentang Strategi Tindak Lanjut Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Fase II, bagi Daerah yang tingkat capaian imunisasinya di bawah target akan diberikan waktu hingga dua bulan ke depan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan hingga batas waktu pemberian imunisasi itu pada Oktober, jumlah anak yang sudah diimunisasi tidak mencapai target 95 persen atau hanya 26,7 persen.

Oleh karena itu, pemerintah memberikan kesempatan kembali bagi mereka yang belum dan bersedia diimunisasi.

"Jadi menindaklanjuti surat edaran  tersebut, maka imunisasi MR di Kota Pekanbaru yang baru mencapai 26,7 persen akan kembali diperpanjang hingga 31 Desember 2018 bagi anak usia sembilan bulan dan di bawah 15 tahun," ujar Pomi, sapaan akrab Kepala PUPR tersebut.

Dia mengatakan langkah Diskes Pekanbaru untuk merealisasikan target capaian imunisasi MR tersebut di antaranya mengaktifkan kembali posko imunisasi MR di setiap puskesmas di Kota Pekanbaru.

"Selain itu, puskesmas akan menyisir sekolah-sekolah yang anak-anaknya belum tersentuh imunisasi MR," terangnya.

Ia mengatakan upaya perpanjangan membuat Pekanbaru optimistis mencapai target 95 persen. Hingga saat ini, Ibu Kota Provinsi Riau itu menghuni peringkat kedua terbawah capaian imunisasinya.

"Kami optimis 95 persen itu tetap menjadi target kita," imbuhnya.

Untuk mengejar capaian target imunisasi MR, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa instansi, seperti kodim.

"Selain itu tentunya kami imbau sekolah, orang tua murid, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Pekanbaru ikut berpartisipasi," katanya.

Saat disinggung ketersediaan vaksin MR di Kota Pekanbaru, ia menjawab secara diplomatis.

"Masih ada perpanjangan imunisasi. Untuk itulah kami berharap, seluruh anak-anak yang belum menerima vaksin MR, segera mendatangi puskesmas terdekat," katanya.

Komentar Anda

Top