ANTARA Riau

logo
  • Home Sebanyak Sembilan Orang Tewas Dalam Kebakaran Hutan Di California

Sebanyak Sembilan Orang Tewas Dalam Kebakaran Hutan Di California

Paradise, California, (Antarariau.com) - Kebakaran hutan  pada Jumat menjalar tanpa terkendali di berbagai daerah di Negara Bagian California hingga menewaskan sembilan orang di sebuah kota pegunungan.

Kebakaran itu juga memaksa para warga melakukan evakuasi dari kawasan tempat tinggal elit di pantai, Malibu, untuk menghindari badai api parah.

Kesembilan korban tewas ditemukan di dan sekitar kota Paradise di Northern California.

Di kota itu, lebih dari 6.700 rumah dan tempat usaha hancur terbakar oleh Kebakaran Camp, yang menjadikannya sebagai salah satu kebakaran paling menghancurkan dalam sejarah California, menurut data perlindungan Departemen Perhutanan dan Kebakaran negara bagian tersebut.

"Kejadian ini adalah skenario terburuk yang sudah sekian lama kami takutkan (akan terjadi)," kata Sheriff Wilayah Butte, Kory Honea, kepada para wartawan, Jumat malam. "Sangat disayangkan bahwa tidak semua orang selamat."
    
Jasad lima dari sembilan korban tewas ditemukan di dalam atau di dekat mobil-mobil yang terbakar, tiga di luar rumah dan satu di dalam rumah, kata Honea.

Sebanyak 35 orang dilaporkan hilang dan tiga petugas pemadam kebakaran mengalami cedera.

Di Malibu, sekitar 800 kilometer ke selatan, kobaran api didorong oleh angin panas kencang Santa Ana yang bergerak 80 kilometer per jam menuju daerah lereng dan ngarai-ngarah, ke arah rumah-rumah berharga miliaran dolar.

Ribuan warga memadati Jalan Bebas Hambatan Pacific Coast untuk mengarah ke selatan atau mengamankan diri di pantai-pantai. Mereka berangkat dengan membawa kuda-kuda dan berbagai hewan peliharaan lainnya.

Di antara yang harus pergi meninggalkan rumah-rumah mereka adalah para warga yang terancam Kebakaran Woolsey, termasuk sejumlah pesohor seperti Lady Gaga dan Kim Kardashian.

Hingga Jumat siang, kabakaran itu telah menghanguskan daratan seluas 14.164 hektar.

Kim Kardashian mengatakan di Twitter bahwa kebakaran di daerah itu telah merusak rumah yang ditinggalinya bersama Kanye West di dekat Calabasas.

"Kebakaran sekarang sudah tidak terkendali dan mengarah ke daerah-daerah berpenduduk di Malibu," kata pemerintah kota dalam pernyataan dalam jaringan. "Semua warga harus pergi, segera."
    
Malibu dan Calibasas, di Los Angeles barat, adalah wilayah-wilayah tempat kediaman ratusan pesohor dan pengusaha industri hiburan berada. Mereka memilih tinggal di kawasan itu karena terkesan dengan pemandangan pantai, perbukitan serta rumah-rumah yang luas dan terpencil.

Pihak berwenang pada Jumat petang juga mengeluarkan perintah evakuasi, baik wajib maupun sukarela, atas para warga yang tinggal di Kota Los Angeles di daerah West Hills. Belum diketahui dengan jelas berapa banyak rumah yang harus ditinggalkan di kawasan itu.

Kebakaran juga mengancam beberapa kawasan di dekat kota kecil Thousand Oaks, yang pada awal pekan ini mengalami insiden penembakan di sebuah bara oleh seorang pria hingga menewaskan 12 orang.

Komentar Anda

Top