ANTARA Riau

logo
  • Home Puluhan Sekolah Di Indragiri Hulu Diliburkan Akibat Banjir Melanda

Puluhan Sekolah Di Indragiri Hulu Diliburkan Akibat Banjir Melanda


Pekanbaru,(Antarariau.com) - Puluhan sekolah mulai dari pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak hingga SMP di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, terpaksa diliburkan karena banjir.
    
Kordinator Wilayah Dinas Pendidikan Pemkab Indragiri Hulu, di Kecamatan Peranap, Putra Indra, Sabtu mengatakan, beberapa sekolah dasar, Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) terpaksa diliburkan sejak sepekan belakangan.
    
"Di daerah kami, sekolah libur sejak Jumat pekan lalu. Karena kondisi air telah masuk ke ruang kelas SD, dan PAUD hingga satu meter," katanya.
    
Sekolah yang mengambil kebijakan untuk libur adalah SD Negeri 012 di Desa Tanjung Baru.
    
Bangunan sekolah yang berada di dataran rendah membuat air menggenang sekitar 150 centimeter (cm).
    
"Ketinggian air bervariasi, ada setengah meter hingga 2 meter," katanya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Indragiri Hulu, sekolah yang diliburkan antara lain, untuk di Kecamatan Sungai Lala SDN 008 Morong, SDN 005 Pasir Batu Mandi, SDN 010 Morong, SDN 011 Pasir Bongkal, SDN 001 kelas Jauh Pasir Kelampaian, SMP Marginal Tanjung Danau, SMP Marginal Kuala Lala, TK Bina Mandiri Morong, TK Islam Anisa Tanjung Danau.
     
Kemudian di Kecamatan Kelayang SDN 007 Pulau Sengkilo, SDN 019 Kelayang, SDN 020 Muara Danau, SMPN 5 Kelayang.
    
Untuk sekolah yang berada di Kecamatan Rakit Kulim antara lain, SDN 004 Kuantan Tenang, SDN 006 Petonggan, SDN 025 Kuantan Tenang, SDN kelas Jauh Kampung Bunga.
     
Di Kecamatan Pasir Penyu yaitu SDN 015 Pasir Keranji, SDN 019 Kampung Jawa, SDN 009 Petalongan, SMPN 4 Pasir Penyu. Dan di Kecamatan Peranap, SDN 012 Tanjung Baru, SDN 002 Peranap, SDN 007 Gumanti, SDN 018 Tanjung Batu Rijal Hulu, TK Setako Indah, TK Mulya Pajar, TK Permata Bunda, PAUD Setako Indah, PAUD Pertama Bunda.
     
Di Kecamatan Lirik, PAUD Al Hidayah Pasir Sialang Jaya. Untuk dii Kecamatan Rengat Barat, SDN 006 Redang, MTs Tarikul Hidayah Danau Baru.
    
Untuk di Kecamatan Rengat, SDN 022 Pulau Gajah, SDN 020 Kampung Pulau Seberang, SDN 024 Pasir Kemilu, SMPN 5 Rengat, TK Kasih Bunda Pulau Gajah.
     
Sedangkan di Kecamatan Kuala Cenaku, SDN 009 UPT II Rawa Sekip, SDN 010 Blok B. Dan untuk di Kecamatan Batang Peranap, hanya TK Pertiwi Batang Peranap.
     
Sedikitnya 4.000 rumah di 10 kecamatan di Indragiri Hulu kebanjiran akibat luapan Sungai Indragiri. Banjir disebabkan tingginya intensitas hujan dan banjir kiriman dari Sumatera Barat, yang berada di bagian hulu sungai tersebut.
    
Pemkab setempat sudah menetapkan status tanggap darurat banjir.

Komentar Anda

Top