ANTARA Riau

logo
  • Home Pekanbaru Luncurkan Layanan Panggilan Darurat 112

Pekanbaru Luncurkan Layanan Panggilan Darurat 112


Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota (Pemko) meluncurkan layanan tanggap darurat guna untuk bantuan yang dibutuhkan lewat nomor 112.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk kegiatan ini maupun pelayanan ke depan nanti," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, di Pekanbaru, Kamis.

Firdaus mengatakan, nomor 112 ini merupakan layanan tanggap darurat terpadu. Artinya, semua pengaduan darurat bisa dilaporkan melalui nomor tersebut.

"Ini adalah pelayanan tanggapa darurat yang terpadu. Mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar. Sehingga pemerintah bisa hadir kapanpun masyarakat membutuhkan," jelasnya.

Ia menjelaskan bahkan masalah terkait gangguan hewan di lingkungan juga bisa dilaporkan. Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu ada gangguan hewan primata di pemukiman warga.

"Semua emergency, baik kejadian lingkungan, bisa juga terhadap warga atau binatang. Contohnya beberapa hari lalu warga melihat Siamang di atas jaringan listrik yang membahayakan hewan itu sendiri dan tidak nyaman bagi manusia," paparnya.

Ia menamnahkan layanan darurat ini sudah terkoneksi pada beberapa  Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti layanan pemadam kebakaran, ia menyebut masih tetap aktif. Hanya Ia meminta warga menghubungi 112 agar semua OPD yang terhubung dengan layanan itu bisa merespon.

"Dengan 112 langsung datang informasinya ke semua unit. Kalau cuma menelpon nomor per-unit nanti yang datang cuma unit itu saja. Tadikan sudah kita peragakan, begitu ada kejadian tim langsung turun dan menanggulangi," pungkasnya.


Komentar Anda

Top