ANTARA Riau

logo
  • Home Durolis Sebagai Solusi Kebutuhan Air Bersih Dumai, Rohil dan Bengkalis

Durolis Sebagai Solusi Kebutuhan Air Bersih Dumai, Rohil dan Bengkalis


Oleh Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM Regional Dumai Rokan Hilir (Rohil) dan Bengkalis (Durolis) merupakan proyek Nasional yang bernilai kurang lebih Rp400 Miliar dibiayai dari dana APBN melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

SPAM berkapasitas 1500 liter/detik ini dibangun pada lahan seluas enam hektar, dengan memanfaatkan ketersediaan air Sungai Rokan yang terletak di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rohil, Riau.

Dengan keberadaan SPAM ini nantinya akan menyuplai kebutuhan air bersih untuk masyarakat di tiga wilayah yakni Kota Dumai, dan Kabupaten Rohil sendiri serta untuk kebutuhan air bersih masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

Bupati Rohil, Suyatno menargetkan tahun 2019 mendatang akses penyediaan air minum SPAM Durolis harus telah dirasakan masyarakat  manfaatnya.

Untuk mewujudkan eksistensi proyek dimaksud, pada tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Rohil telah menganggarkan Rp36,4 Miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rohil, Jon Syafrindow mengatakan bahwa proyek SPAM Durolis tahun ini masih berlanjut.

"Untuk menggesa pemenuhan kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air bersih, pertengahan 2017 lalu telah dimulai pada tahapan penanaman pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) yang berdiameter 25 Cm dimulai dari Tanah Putih Tanjung Melawan, yang direncanakan akan menyasar sampai ke Kecamatan Sinaboi lebih kurang berjarak lebih kurang 90 Km," jelasnya.

Pembangunan SPAM yang terletak di Tanah Putih Tanjung Melawan tidak berhenti sampai disini. Kedepannya pemerintah daerah juga akan menyediakan lahan seluas tiga hektar yang direncanakan berlokasi di Batang Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih.

Penyediaan lahan tersebut akan diperuntukkan untuk membangun Boster PAM yang merupakan sentra dalam pendistribusian air untuk masing-masing kabupaten yakni Dumai, Rohil dan Bengkalis.

Pada tahun 2019 mendatang Pemerintah Kabupaten Rohil juga telah merencanakan kegiatan penyusunan Detail Enginering Designe (DED) pemasangan Jaringan Distribusi Utama pada tiga Kecamatan yakni, Kecamatan Batu Hampar, Bangko dan Kecamatan Sinaboi.

Sebelumnya, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diwakili Direktur Sistem Pengembangan Air Minum, Muhammad Sundoro pada saat peresmian pemancangan tiang pertama tanda dimulainya pembangunan SPAM mengatakan, pembangunan SPAM Regional Durolis tersebut memanfaatkan sumber air baku dari Sungai Rokan yang berlokasi di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rohil. Nantinya akan dirasakan tiga kabupaten/kota di Riau, yakni Rohil, Dumai dan Bengkalis.

Berdasarkan rencana kapasitasnya, terang Sundoro, SPAM Regional Durolis seluruhnya sebesar 1500 liter/detik. Tahap pertama hingga 2018 400 liter/detik, kemudian selanjutnya tahap kedua di 2021 akan dilihat sejauh mana progres tahap pertama nanti.

"Jadi diharapkan nantinya SPAM Regional ini akan memberikan pelayanan air minum kepada sekitar 600.000 jiwa di tiga daerah di Riau,” katanya kala itu. (Adv)

Komentar Anda

Top