ANTARA Riau

logo
  • Home Dumai Siapkan Aturan Area Publik Bebas Rokok

Dumai Siapkan Aturan Area Publik Bebas Rokok

Dumai, (antarariau) - Pemerintah Kota Dumai, melalui Dinas Kesehatan setempat memberlakukan kawasan merokok dan tanpa asap rokok di semua fasilitas kesehatan dan pendidikan.

        Kepala Dinkes Marjoko Santoso mengatakan Minggu, semua institusi kesehatan dan pendidikan agar dapat menetapkan kawasan merokok dan kawasan tanpa asap rokok seperti tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwako) Dumai nomor 11 tahun 2012 tentang kawasan tanpa asap.

        Langkah tersebut diambil dalam upaya menciptakan lingkungan bersih dan sehat guna meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas sumber daya manusia masyarakat kota Dumai.

        Dalam Perwako tersebut, lanjutnya, diatur bahwa semua institusi kesehatan dan pendidikan baik negeri atau swasta telah ditetapkan sebagai kawasan bebas asap rokok.

        "Kita harapkan dukungan semua pihak agar institusi kesehatan dan pendidikan menetapkan kawasan merokok dan tanpa asap rokok, serta melakukan penyebarluasan informasi mengenai himbauan ini di setiap ruangan," sebut Marjoko.

        Ia juga mengatakan, institusi kesehatan dan pendidikan apabila kedapatan merokok di kawasan tanpa asap rokok agar dapat memberikan teguran keras atau mengarahkan perokok pada tempat yang telah ditentukan.

        Institusi diminta harus menyediakan tempat khusus kawasan rokok yaitu terpisah dari gedung utama atau secara fisik tidak tercampur dengan kawasan tanpa asap rokok.

        Disamping itu juga harus dilengkapi alat penghisap udara dan asbak tempat pembuangan puntung rokok serta ada data dan informasi bahaya merokok bagi kesehatan.

        "Di sisi sosial budaya dan ekonomi, kawasan tanpa rokok ini bermanfaat cukup baik, yaitu tercipta lingkungan yang bersih, sehat, melindungi masyarakat bukan perokok serta mencegah perokok pemula di daerah," terangnya.

Komentar Anda

Top