ANTARA Riau

logo
  • Home Jembatan Siak IV Pekanbaru Selesai tahun 2013

Jembatan Siak IV Pekanbaru Selesai tahun 2013

Pekanbaru, 1/2 (ANTARA) - Pengerjaan fisik Jembatan Siak IV, di  Jalan Sudirman Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, senilai Rp437 miliar baru selesai 50 persen dan ditargetkan tahun ini diselesaikan.
         "Jembatan tersebut dibangun dengan sistem tahun jamak mulai 2011 sedangkan penyelesaiannya dijadwalkan dalam 2013," kata Kepala Bidang Bina Marga PU Provinsi Riau, Achmad Ismail di Pekanbaru, Jumat.
         Pengerjaan yang tersisa antara lain pemasangan bentang tengah dan long bim jembatan.
         "Pembangunan kelengkapan jembatan berkonstruksi 'cable stayed' itu sudah dipesan dan kini sedang dalam proses fabrikasi," katanya.
         Anggaran pembangunan jembatan sepanjang 834 meter dan lebar 18,5 meter tersebut bersumber seluruhnya dari APBD Provinsi Riau.
         Assisten I Sekda Pekanbaru M Nur, menambahkan, penyelesaian Jembatan  Siak IV diyakini bisa difungsikan dalam tahun 2013 kendati hanya terdapat kendala kecil antara lain tumpang tindihnya permintaan ganti rugi lahan warga yang terpakai pembangunan.
         "Yang jelas Pemkot Pekanbaru tahun 2005-2006 telah melunasi seluruh ganti rugi atas lahan warga yang terkena pembangunan jembatan tersebut," katanya. Hanya kira-kira 100 meter lahan yang dikomplain warga yang menyatakan belum menerima pembayaran ganti rugi.
         Dijelaskannya, lahan seluas 100 meter tersebut bagian dari 500 meter lahan yang akan dikeraskan sebagai akses dari jembatan ke jalan Sembilang. Penyelesaian kasus ini sudah dimediasi oleh Pemkot Pekanbaru bersama BPN Pekanbaru.***3***

Komentar Anda

Top