ANTARA Riau

logo
  • Home Bupati Kuansing Pimpin Peringatan Harganas Riau

Bupati Kuansing Pimpin Peringatan Harganas Riau

Bupati Kuantan Singingi, Provinsi Riau H Sukarmis mewakili Gubernur Riau Anas Maamun memimpin peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXI tingkat Provinsi tahun 2014 yang dipusatkan di Desa Simandolak, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuansing, Senin (11/8).


Bupati menyatakan bangga dan terharu atas kepercayaan pemerintah provinsi Riau yang memercayakan pelaksanaan peringatan Harganas di kabupaten Kuantan Singingi dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak hingga acara tersebut bisa terselenggara.


H Sukarmis membacakan sambutan tertulis Gubernur Riau H Annas Maamun yang mengajak masyarakat agar berupaya mewujudkan keluarga yang benar-benar hidup damai dan sejahtera. Oleh karena itu, dibutuhkan peran dari pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut.

"Pemerintah akan mendukung program keluarga sejahtera sehingga masyarakat dapat hidup damai, tentram dan sukses," ujar H Sukarmis di Taluk Kuantan tempat pelaksanaan Harganas itu digelar.

Meramaikan acara, ribuan masyarakat memadati lokasi dan mereka datang dari berbagai kecamatan bahkan juga datang dari beberapa kabupaten di Riau. Karena tahun 2014 peringatan Harganas lebih meriah dan mendapat simpati dari masyarakat Kuansing.

Acara peringatan Harganas semakin meriah dengan dilibatkannya para ninik mamak, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat umum serta para siswa dan siswi yang ada di Kecamatan Benai serta undangan dari berbagai daerah di Riau.


Pada kesempatan itu hadir Irjen Utama BKKBN Pusat Dra Mike Selfia Sengian, Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj Latifa Annas Maamun, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Riau Sisilita Arsyadjuliandi Rachman,  Ketua TP PKK Kuansing Hj Juita Alfis Sukarmis beserta pengurus lainnya.


Selain itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah Provinsi Riau, Sekda Kuansing Drs H Muharman MPd, Ketua DPRD Kuansing yang diwakili Andi Putra SH, Kapolres Kuansing AKBP Bayuaji Irawan SH SIK beserta para muspida kabupaten lainnya. Selain itu hadir pula para perwakilan kabupaten/kota se-Provinsi Riau.


Ikut meramaikan peringatan Harganas tahun 2014 tingkat Provinsi Riau para asisten, kepala dinas, kepala badan, kepala satuan, kepala kantor, dan camat di lingkungan Pemkab Kuansing. Lalu, hadir para UPTD, kepala sekolah, kepala desa beserta jajaran se-Kecamatan Benai.


Irjen Utama BKKBN Pusat Dra Mike Selfia Sangian menyampaikan, bahwa keluarga memiliki peranan penting dalam membangun kehidupan masyarakat Indonesia oleh karenanya, dibutuhkan gerakan untuk mengampanyekan KB, terutama dalam upaya mewujudkan keluarga damai dan sejahtera.


Menurutnya, dalam mewujudkannya itu, dua anak cukup. Nah, berbagai kendala dialami pemerintah dalam upaya mengendalikan jumlah penduduk di Indonesia. Dulu, diakuinya, ada sekitar 40.000 penyuluh KB seluruh Indonesia, sehingga mengampanyekan dua anak cukup menurutnya mudah.

Namun kini, jumlah penyuluh KB di Indonesia sangat jauh berkurang yang hanya berjumlah sekitar 17.000 dan ini menjadi kendala bagi pemerintah untuk menggerakkan program KB di seluruh Indonesia.

"Kami berharap semua warga dapat menjadi peserta KB yang baik walaupun masih terkendala petugas dilapangan," harapnya.

Kemudian, Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj Latifa Anas Mamun mengajak semua pihak untuk meningkatkan kualitas keluarga dalam mewujudkan Indonesia sejahtera. "Mari, melalui Harganas hendaknya dapat meningkatkan kualitas keluarga," ucapnya.
 


Kuansing Raih Dua Penghargaan

Momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ditetapkan pemerintah setiap tahunnya menjadi lebih bermakna bagi Kabupaten Kuantan Singingi untuk tahun 2014 dengan keberhasilan meraih dua penghargaan dalam lomba KB Lestari (Keluarga Berencana) usia 20 tahun dan PPLKB Teladan.

"Pada peringatan Harganas tahun 2014 kita menerima dua penghargaan dalam bidang KB Lestari 20 tahun dan PLKB teladan," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPMPKB ) Kabupaten Kuantan Singingi H Asharuddin, S. Sos melalui Kabid KB Drs. Sirfuadi Musa didampingi stafnya di Teluk Kuantan, Selasa.

 
Menurutnya, kedua penghargaan yang akan diterima dalam KB Lestari 20 tahun diraih oleh Armalis Arman warga Koto Taluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, yang sehari-hari sebagai PNS dan bertugas di Dinas Perhubungan Informasi dan komunikasi (Dishub Infokom) Teluk Kuantan.


Sedangkan untuk PLKB diraih Oleh Drs Sumardi Kail dari Kecamatan Inuman, dimana keberhasilannya dalam pengelolaan program KB, dengan membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Atas keberhasilannya dalam meraih juara lomba tingkat kabupaten dan provinsi, maka Armalis Arman dan Sumardi akan menrima penghargaan dalam peringatan Harganas di kota Surabaya, Jawa Timur nanti," jelasnya.

(Adv/Humas/Asripilyadi)

Komentar Anda

Top