ANTARA Riau

logo
  • Home Haji - Seorang Haji Rokan Hulu Meninggal Di Madinah

Haji - Seorang Haji Rokan Hulu Meninggal Di Madinah

 Pekanbaru,  (Antarariau) - Seorang haji asal Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Syamsuddin meninggal dalam bus di Kota Madinah ketika hendak berangkat ke bandara udara menjelang kepulangan ke Tanah Air, Minggu malam.

"Syamsuddin cukup sehat, meninggalnya pun ketika sudah naik bus di hotel untuk berangkat ke Bandar Udara Abdullah Muhammad bin Abdul Aziz Madinah," kata Kepala Kantor Kemenag Rokan Hulu Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Senin.

Dia menjelaskan, Haji Syamsuddin Bin Basyaruddin Bomo (84) bernomor Porsi 400078682,g beralamat di Pasir Rambah, Kecamatan Rokan IV Kot. Ia meninggal Minggu (26/10) sekitar pukul 15.45 Waktu Arab Saudi atau 19.45 WIB.

Jenazahnya iurus oleh petugas daerah kerja Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Madinah untuk dikebumikan di perkuburan Baqi Kota Madinah yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Nabawi Madinatul Munawwarah.

Almarhum tergabung dalam kloter 18 Debarkasi Batam yang merupakan gabungan dari beberapa provinsi seperti Riau, Jambi dan Kalimatan Barat. Syamsuddin mendapatkan porsi berangkat haji karena fakto lanjut usia, sehingga terpisah dari jamaah Rokan Hulu.

"Tiga hari sebelum keberangkatan kembali ke Tanah Air, Syamsuddin sempat mendapatkan perawatan di maktab karena sakit akibat kelelahan. Kesehatannya dinyatakan sudah pulih dan inyatakan dokter dalam kondisi fit untuk perjalanan pulang ke Tanah Air," katanya.

Menurutnya, jamaah haji kloter 18 Embarkasi Batam dijadwal berangkat dari Bandar Udara Abdullah Muhammad bin Abdul Aziz Madinah dengan pesawat Saudi Arabian Airlines tepat pada pukul 23.00 WAS atau Senin pukul 03.00 WIB.

"Diperkirakan pesawat Boeing 747-400 tiba di Bandar Udara Hang Nadim Batam Senin pukul 11.00 WIB.

Jamaah haji Rohul ini akan disambut dan dijemput oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Elfalisman di Batam untuk selanjutnya diantar ke Rokan Hulu," ucap Hasibuan.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Provinsi Riau jumlah jamaah haji untuk tahun ini berjumlah sebanyak 4.016 orang dari total kuota didapat sebanyak 4.036 orang yang dibagi menjadi 9 kloter dan 1 kloter tambahan yang berangkat dari embarkasi Batam.

"Dari 4.016 orang jamaah, empat orang di antaranya meninggal dunia. Sehingga total jumlah jamaah dari Riau sekarang ini 4.012 orang," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Riau, M Aziz.
 

Komentar Anda

Top