ANTARA Riau

logo
  • Home 40 Personel Gabungan Dumai Gelar Operasi Penumbar

40 Personel Gabungan Dumai Gelar Operasi Penumbar


Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Bambang Sumantri, menyebutkan sebanyak 40 personel gabungan gelar Operasi Penumpang dan Barang atau Penumbar di sejumlah jalur perbatasan.

"Operasi rutin tahunan ini dimulai Senin kemarin (4/5) untuk menertibkan izin trayek angkutan penumpang dan kelebihan tonase muatan barang yang melintas di jalur resmi lintasan," kata Bambang Sumantri di Dumai, Selasa.

"Selain itu, melakukan penegakkan hukum terhadap kendaraan angkutan penumpang yang sudah mati perizinan serta memeriksa buku kendali izin retribusi," lanjutnya.

Dia menjelaskan, kegiatan penertiban ini akan digelar selama 20 hari kedepan dengan titik di jalan lintas Bukit Timah  dan Bukit Kapur dimulai pukul 14.00 WIB hingga sore.

Personel gabungan yang terlibat, diantaranya, petugas Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan, Kepolisian Resort (Polres) dan TNI setempat.

"Operasi selama 20 hari ini akan difokuskan menertibkan kendaraan yang tidak melengkapi dokumen trayek serta izin dan kelebihan muatan," tegasnya.

Personel di lapangan nantinya akan melakukan penindakan dengan tilang bagi kendaraan yang terjaring karena tidak melengkapi izin dan ketentuan berlaku.

Dalam pelaksanaan operasi ini, petugas juga akan menjaring kendaraan yang tidak lengkap secara fisik karena akan bisa membahayakan saat beraktivitas membawa penumpang atau barang.

Diketahui, pengembangan pelayanan transportasi massal di Kota Dumai mendapat suntikan dana dari pemerintah pusat sebesar mencapai Rp44 miliar pada 2016 mendatang.

Dishub Dumai merencanakan melakukan pembenahan fasilitas pelayanan transportasi darat, seperti Terminal AKAP, pembentukan bus perintis dan lain sebagainya.

 

 

 

Komentar Anda

Top