ANTARA Riau

logo
  • Home Kuansing Butuh Rutan Baru yang Memadai, Bupati: Lahan Sudah Ada

Kuansing Butuh Rutan Baru yang Memadai, Bupati: Lahan Sudah Ada

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau membutuhkan rumah tahanan baru dalam menyediakan tempat dalam menjalani hukuman yang memadai bagi pelaku kejahatan di daerah itu.
         
"Lahan sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan berharap Kementerian Hukum dan HAM bisa membangun rumah tahanan dimaksud apalagi tempat yang ada sekarang sudah melebihi target," kata Bupati Kuantan Singingi Sukarmis di Teluk Kuantan, Sabtu.
         
Bupati menyatakan sebagai pemimpin dirinya merasa prihatin dengan kondisi tempat pembinaan tahanan dan narapidana itu.
         
Pemerintah Kabupaten Kuansing sudah menyediakan lahan untuk pembangunan Rutan baru di daerah kawasan Sinambek. Lahan yang disediakan cocok untuk lokasi Rutan karena luas dan jauh dari pusat keramaian.
         
"Penghuni rutan juga harus sehat dan menghuni tempat yang memadai selama menjalani hukuman," ujarnya.
         
Bupati Kuansing menyebutkan hal ini disaat melakukan kunjungan ke Rutan Teluk Kuantan, dan sempat berbincang -bincang dengan sejumlah warga binaan. Tentunya aspirasi warga itu mendapat respon positip Bupati.
         
Salah satu warga Kuansing Hendri mengatakan, sudah selayaknya Rutan Teluk Kuantan dipindahkan ke tempat lain dan bagusnya dibangun yang baru.
         
"Selain kelebihan kapasitas Rutan yang ada sekarang terlalu dekat dengan pusat keramaian dan pasar," ujarnya.
         
Khawatirnya warga binaan bisa kabur dan lolos jika penjagaan tidak ketat karena penghuninya sudah terlalu banyak.
         
"Tawaran Bupati Kuansing sebaiknya disikapi dengan cepat," ujarnya.
         
Terkait rencana itu, pihak Rumah Tahanan (Rutan) Teluk Kuantan belum bisa diminta keterangannya. Selain sulit dijumpai juga Kepala Rutan Teluk Kuantan sering tidak berada di kantor.

Komentar Anda

Top