ANTARA Riau

logo
  • Home Kreatif, Pengrajin ini Membuat Motif Batik Dengan Gaya Abstrak Kontemporer

Kreatif, Pengrajin ini Membuat Motif Batik Dengan Gaya Abstrak Kontemporer

Kulon Progo, (Antarariau.com) - Perajin batik Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuat karya batik abstrak kontemporer untuk menarik pembeli dan mengikuti permintaan pasar.
          
Salah satu perajin batik Gulurejo Gito di Kulon Progo, Rabu, mengatakan batik abstrak kontemporer diharapkan menjadi ikon batik Kulon Progo.
          
"Kami berusaha memproduksi batik yang berbeda dengan produsen batik lain. Kami menciptakan berbagai motif batik untuk menarik konsumen," kata Gito.
           
Ia mengatakan dengan modal pengalaman bekerja dipercetakan bati, dirinya mendirikan rumah pembuatan batik pada 2010. Dengan modal seadanya, ia membeli bahan kain, pewarna dan alat batik lengkap.
         
Selanjutnya, dirinya membuat berbagi motif batik, salah satunya batik abstrak kontemporer. Batik jenis ini merupakan batik tulis tanpa motif dengan cap atau dicetak. Namun dibuat dengan karya tangan dan kreatifitas tinggi, agar menghasilkan corak dan warna-warni batik yang menarik.
           
"Permintaan batik abstrak kontemporer sangat tinggi. Motif ini dapat bagus dalam segala situasi," katanya.
          
Namun, ia mengaku dirinya mengalami masalah modal untuk membuat gerai batik. Terkadang, dirinya kesulitan modal saat mendapatkan pesanan yang cukup banyak, namun dirinya tidak putus asa.
          
Ia menjual batik abstrak kontemporer melalui media online, dan dari dari mulut ke mulut. "Cara ini sangat efektif untuk menjual batik," katanya.
           
Saat ini, kata Gito, dirinya mendapatkan pesanan batik abstrak kontemporer sebanyak 50 lembar per bulan. Pembeli dari Yogyakarta, Semarang, Bandung dan Jakarta. Harga per lembar dipatok Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.
           
"Kedepan, batik abstrak kontemporer berkembang pesat dan  terkenal di mancanegara," katanya.
          
Salah satu konsumen Ridha  mengatakan sangat menyukai batik abstrak kontempore karena bagus dipakai disegala situasi. Selain itu, cocok dipakai anak muda.
           
"Batik ini sangat cocok dipakai anak muda karena tidak terkesan resmi," katanya.

Komentar Anda

Top