ANTARA Riau

logo
  • Home Bea Cukai Pekanbaru Terima Sertifikat ISO 9001:2008

Bea Cukai Pekanbaru Terima Sertifikat ISO 9001:2008

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru pada berhasil terima sertifikat ISO 9001:2008 bidang pelayanan dari ISN setelah dinilai selama tahun 2015.
   
"Ini suatu penghargaan karena ini ke-21 dari 180 kantor se-Indonesia," ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal BC, Kushari Supriyanto, di Pekanbaru, Rabu.
   
Kushari menyebutkan penerimaan sertifikat ini layak diberikan bagi kantor BC Pekanbaru, karena seiring waktu terus berbenah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
   
Ia bercerita awalnya tahun 2005 BC masih menyelenggarakan pelayanan secara manual. Namun seiring waktu pada tahun 2007 revormasi yang dilakukan Kementerian Keuangan, telah mendorong pelayanan berbasis teknologi.
  
"95 persen saat itu pelayanan terbesar sudah menggunakan Ilmu Tekonologi (IT), sehingga pembayaranpun sudah online tidak meski kekantor lagi," bebernya.
    
Kemudian di tahun 2011 kemajuan pelayanan terus berkembang hingga tersertifikasi. Kini Pekanbaru berhasil meraih penghargaan ISO 9001:2008.
   
"Kini sudah 11 pelayanan BC Pekanbaru tersertifikasi," tuturnya.
   
Saat ini sebutnya hampir semua pelayanan sudah berbasis teknologi. Bahkan pihaknya sudah memperluas layanan dengan membuka pengaduan masyarakat lewat nomor 1500225.
   
"Siapa saja bisa melayangkan pengaduan ke nomor tersebut dan akan dijawab 1x24 jam," tuturnya.
  
Dengan penghargaan ini ia berharap kepala BC Pekanbaru bisa lebih kreatif lagi meningkatkan pelayanan dan melakukan survey kepuasan karyawan.
   
Karena kalau pegawai tidak puas bisa berujung pada penurunan produktifitas dan akhirnya pelayanan lagi yang terdampak.
   
"Dengan sertifikat ini tanggung jawab lebih berat karena pelayanan ini tidak sampai disini," sebutnya lagi.
    
Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru, Elfi Haris, mengaku bangga dan mengaku semua ini atas kerjasama semua pihak termasuk para karyawan.
   
"Ternyata tidak mudah untuk mendapatkan penghargaan ini karena masalah listrik padam juga jadi penilaian," ujarnya.
   
Ia mengaku saat ini ada 11 layanan di BC Pekanbaru yang mendapat sertfikat.
  
"Kami sudah mengalami penilaian selama satu tahun. Para PNS yang telah berhasil melakukan audit selama ini turut bekerja keras," ujarnya lagi.
   
Makanya ia menambahkan semoga ditahun 2016 semuanya bisa ditingkatkan.
 

Komentar Anda

Top