ANTARA Riau

logo
  • Home Wako Dumai Harapkan Seleksi Sekda Dapat Berjalan Profesional

Wako Dumai Harapkan Seleksi Sekda Dapat Berjalan Profesional

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tertinggi pratama untuk posisi sekretaris daerah di lingkungan Pemerintah Kota Dumai resmi dibuka sejak 9 Desember 2016 hingga 3 Januari 2017.

Wali Kota Dumai Zulkifli As di Dumai, Selasa, berharap seleksi jabatan calon sekda selama dua pekan hari kerja ini dapat berlangsung baik dan profesional serta bisa memilih aparatur sipil negara yang tepat.

"Seleksi jabatan untuk sekretaris daerah sudah dibuka dan dibantu oleh panitia ditunjuk di provinsi sebagai tim penilai," kata wali kota.

Disebutkan, dari seleksi sekda ini diharapkan terpilih pejabat yang transparan, objektif, profesional dan punya kemampuan membantu wali kota dalam melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan kewenangan pemerintah daerah.

Selain itu, pejabat yang mampu memimpin penyelenggaraan administrasi umum, pengembangan organisasi dan tata laksana, pembinaan aparatur serta fasilitasi pelayanan administratif dan hukum bagi perangkat daerah.

"Diharapkan sekda terpilih merupakan pegawai negeri yang bisa bersama membangun Dumai dan menjalankan tugas pokok dengan baik dalam merealisasikan visi misi pembangunan daerah," harapnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Dumai Sepranef Syamsir menjelaskan, tahapan seleksi calon sekda ini dimulai sejak Jumat (9/12) yaitu pengumuman persyaratan pencalonan oleh panitia seleksi.

Persyaratan calon sekda antara lain, merupakan PNS di Pemerintah Provinsi Riau atau kabupaten kota di Riau, memiliki pangkat atau golongan paling rendah pembina Tingkat I (IV B) dan pernah atau sedang menduduki jabatan struktural pimpinan tinggi pratama (eselon II).

"Pelaksanaan seleksi ini mengacu peraturan Menteri PAN-RB nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah, dan akan dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan pegawai," katanya kepada pers.

Kemudian, agar menjamin objektifitas hasil seleksi maka dilakukan oleh panitia yang bersifat independen dibentuk oleh pemerintah kota dah dalam pelaksanaan dibantu tim assesment dari Pemprov Riau.

Ditambahkan, seleksi ini ada tiga tahapan, yaitu administrasi, seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi bidang. 

(Infotorial/Pemko Dumai)


Komentar Anda

Top