ANTARA Riau

logo
  • Home Dalam 10 Hari, Jumlah Penumpang Pelabuhan Dumai Mencapai 17.235 Orang

Dalam 10 Hari, Jumlah Penumpang Pelabuhan Dumai Mencapai 17.235 Orang

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Pos Pelayanan Operasi Lilin Siak 2016 di Kota Dumai, Riau, selama 10 hari mencatat sebanyak 17.235 penumpang laut telah singgah di pelabuhan penumpang Pelindo dan pelabuhan Roro Dumai-Rupat Bengkalis Riau.

Kepala Kepolisian Resort Dumai AKBP Donald Happy Ginting di Dumai, Rabu, menyebutkan, masyarakat lebih banyak menggunakan jasa armada transportasi laut pada musim arus liburan Natal dan Tahun Baru 2017 lalu sesuai hasil evaluasi 10 hari operasi lilin.

"Tercatat 17.235 penumpang turun dan naik di pelabuhan penumpang pelindo dan roro selama pelaksanaan pelayanan operasi lilin 2016," kata Kapolres saat memberikan keterangan pers hasil Operasi Lilin 2016.

Dijelaskannya, data dari analisasi dan evaluasi operasi lilin 2016, penumpang yang berangkat dari pelabuhan mencapai 9.753 orang dan 7.482 jiwa yang datang.

Kemudian, jumlah penumpang kendaraan yang diangkut melalui jasa penyeberangan Roro selama libur panjang didominasi roda dua mencapai 2.227 unit.

"Pelaksanaan angkutan natal dan tahun baru telah berjalan aman dan tertib tanpa ada gangguan, dan kita mengapresiasi kinerja petugas dan dukungan seluruh masyarakat dalam menciptakan suasana yang kondusif," ucapnya.

Selama pelaksanaan operasi lilin, kepolisian dan instansi terkait lain berupaya memberi rasa nyaman selama libur panjang dalam rangka mengawal dan menjaga situasi agar tetap kondusif dengan pembukaan lima pos pelayanan dan pengamanan.

Sedangkan untuk pengguna jasa bus antar kota antar provinsi tercatat jumlah penumpang lebih banyak yang meninggalkan Kota Dumai dengan armada bus angkutan mencapai 4.881 orang dari total 9.170 orang.

Selanjutnya, jumlah masyarakat pemudik menggunakan layanan jasa penerbangan di Bandara Pinang Kampai Dumai mencapai 2.518 penumpang dengan sebagian besar datang ke Dumai dari beberapa daerah, misal Medan, Batam dan Jakarta.

Kapolres Dumai juga mengklaim terjadi penurunan jumlah perkara yang ditangani selama pelaksanaan operasi lilin 2016 ini, baik gangguan keamanan maupun kecelakaan lalu lintas.

Penurunan jumlah perkara ini dianggap dia karena wujud kesadaran dan dukungan masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman, ditambah lagi dengan peningkatan kehadiran polisi di jalan umum.


Komentar Anda

Top