ANTARA Riau

logo
  • Home PLN Dumai Komit Jaga Ketersediaan Listrik Selama Ramadan

PLN Dumai Komit Jaga Ketersediaan Listrik Selama Ramadan

Dumai, Riau (Antarariau.com) - PT PLN (Persero) Rayon Dumai Kota akan menjaga keandalan kelistrikan agar tidak ada pemadaman selama Ramadhan 1438 Hijriah dengan melakukan pemeliharaan jaringan dan memangkas pohon tinggi pengganggu kabel.

Supervisor Teknik PLN Rayon Dumai Kota Toha Mansyur di Dumai, Kamis mengatakan sudah disepakati selama Ramadhan nanti tidak ada pemadaman terjadwal untuk memberikan rasa nyaman kepada warga Muslim beribadah.

"Upaya pemeliharaan sudah dimulai untuk menjaga keandalan listrik dan selama Ramadhan nanti sudah disepakati tidak ada pemadaman terjadwal, kecuali faktor alam atau ada gangguan pada jaringan kabel," katanya.

Menurut dia, PLN tidak bisa mengelakkan pemadaman listrik jika ada gangguan akibat faktor alam seperti angin kencang atau petir, demikian juga seandainya pada jaringan kabel terganggu karena pohon atau layangan tersangkut.

Kegiatan pemeliharaan dan pembersihan jaringan dilakukan dengan menurunkan puluhan petugas ke lapangan untuk menekan tingkat gangguan pada gardu, trafo, dan kabel dari benda menempel.

Selain itu, untuk menjaga keandalan kelistrikan, PLN mengimbau masyarakat berpartisipasi menjaga jaringan listrik di lingkungannya dan memangkas pohon tinggi supaya tidak menyentuh kabel.

"Kami juga mengajak pelanggan untuk memperhatikan anak-anak, yang bermain layangan agar tidak menempel di kabel listrik karena dapat membahayakan keselamatan," sebutnya.

Bagi pelanggan yang bepergian atau meninggalkan rumah diharapkan cermat dan berhati hati terhadap listrik dengan memastikan tidak ada alat elektronik menyala, sehingga terhindar dari kebakaran.

Selama Ramadhan, PLN juga menempatkan petugas siaga untuk membantu pelanggan menangani kendala listrik di rumah dan berpatroli rutin mengantisipasi gangguan pada keandalan jaringan kelistrikan.

Seorang warga Dumai, Zakaria berharap PLN tidak mematikan listrik pada saat ibadah bulan Ramadhan nanti karena tingkat kebutuhan, yang tinggi, terutama ketika waktu berbuka dan sahur.

"Kalau bisa tidak ada pemadaman listrik saat Puasa nanti, khususnya saat berbuka dan sahur," sebut warga Kelurahan Bumi Ayu Dumai ini. 


Komentar Anda

Top