ANTARA Riau

logo
  • Home Alokasi Dana Penunjang Kegiatan Pramuka Inhil Mencapai Rp1 Miliar

Alokasi Dana Penunjang Kegiatan Pramuka Inhil Mencapai Rp1 Miliar

Tembilahan (Antarariau.com) - Guna merealisasikan komitmen dukungan pemerintah daerah terhadap Gerakan Pramuka Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Bupati HM Wardan intruksikan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata untuk menambahkan alokasi dana anggaran penunjang kegiatan pramuka sebesar Rp1 miliar.

"Kami menyadari, jalannya suatu organisasi memang membutuhkan dukungan material berupa alokasi dana anggaran agar kedepan kegiatan dari organisasi, dalam hal ini Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat lebih ditingkatkan lagi," ujar Bupati Inhil Muhammad Wardan saat menghadiri pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) ke-XI Kwartir Cabang 04.02 Gerakan Pramuka Inhil, Jumat (14/7) malam.

Bupati Wardan, selaku Pimpinan Daerah pada pelaksanaan Muscab kali ini menyampaikan komitmen dukungan Pemerintah Daerah terhadap Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, khususnya dukungan dalam bentuk alokasi dana anggaran tidak lain bertujuan untuk menunjang pelaksanaan program kepramukaan agar dapat terus meningkat.

Sebelumnya, alokasi dana yang dianggarkan Pemda untuk menunjang kegiatan pramuka hanya Rp 500 juta, yang mana satu Kwartir Ranting hanya memperoleh alokasi sebesar Rp 5 juta, dengan adanya penambahan maka, satu Kwartir Ranting akan mendapat alokasi anggaran penunjang kegiatan sebesar Rp 10 juta per tahunnya.

Wardan berharap dengan adanya penambahan alokasi dana anggaran ini, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat mempertahankan kinerja positif dan menorehkan beragam prestasi di masa mendatang. Sebab dulu, sepengetahuan Bupati Kabupaten Inhil pernah mendapat julukan sebagai Kabupaten Pramuka dikarenakan aktifitas dan prestasi yang dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Dengan adanya dana ini, prestasi Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil jangan malah stagnan atau bahkan menurun. Jangan mau berada di posisi lima tergiat, tapi posisi pertama, Bagi kepengurusan yang baru dibentuk, nantinya dorong terus mobilitas Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, kami (Pemerintah Kabupaten Inhil, red) akan senantiasa mendukung," tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Muhammad Wardan juga menyinggung atas torehan prestasi yang dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil yang dinilai sangat berguna untuk mewujudkan Visi Kabupaten Inhil menjadi Kabupaten yang Maju, Bermarwah dan Bermartabat.

"Tentunya, ini merupakan suatu hal yang membanggakan, mengingat Gerakan Pramuka di Provinsi Riau, tidak hanya ada di Kabupaten Inhil, melainkan juga terdapat di seluruh Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Riau," pujinya.

Bupati Muhammad Wardan yang juga merangkap sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil tersebut pun mengatakan, sejak tahun 2014, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil telah melaksanakan kegiatan-kegiatan positif bahkan telah mencapai keberhasilan dan menorehkan prestasi yang membanggakan.

"Ini akan menjadi semangat dan stimulan bagi para adik-adik penerus dalam meningkatkan mobilitas dan torehan-torehan prestasi berikutnya dari Gerakan Pramuka," ucapnya.

Disamping itu, Ketua Kwaran Cabang 04. 02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, H Alimuddin dalam pidatonya mengatakan, kehadiran para pengurus gerakan pramuka Kabupaten Inhil telah banyak memberikan kontribusi di kalangan masyarakat melalui kegiatan yang ditaja selama ini.

Untuk itulah ia berharap, pada pelaksanaan Muscab kali ini, terjadi proses regenerasi di tubuh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dengan menempatkan para pengurus muda di dalam struktur Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada para kakak-kakak pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil agar memberikan kesempatan bagi generasi muda pramuka kita untuk mengembangkan diri. Jangan lagi masuk ke dalam struktur kepengurusan, biarkan lah yang muda, yang enerjik ini yang meneruskan," imbau Alimuddin. (ADV)

Oleh: Adriah Akil


Komentar Anda

Top