ANTARA Riau

logo
  • Home 424 Calhaj Inhil Siap Berangkat Tahun Ini

424 Calhaj Inhil Siap Berangkat Tahun Ini

Tembilahan (Antarariau.com) - Sebanyak 424 Calon Jamaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Indragiri Hilir, Riau dipastikan masuk dalam porsi keberangkatan dan akan menuju ke Tanah Suci Mekkah mulai 1 Agustus 2017 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Inhil melalui Kepala Seksi Haji dan Umrah, Idrus di Tembilahan, Jumat, mengatakan keberangkatan 424 Calhaj ini terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter 4, kloter 7 dan kloter 8.

"Jumlah itu sudah termasuk yang cadangan dan insya Allah semuanya diberangkatkan," ujar Idrus.

Adapun jadwal keberangkatan Calhaj untuk kloter 4 berjumlah sebanyak 174 dan akan diberangkatkan pada tanggal 1 Agustus mendatang.

Selanjutnya, kloter 7 sebanyak 10 Calhaj yang merupakan jamaah cadangan dan akan diberangkatkan pada tanggal 2 Agustus. Sedangkan untuk kloter 8, berjumlah sebanyak 240 Calhaj dan akan berangkat pada tanggal 4 Agustus 2017.

"Pemberangkatan Calhaj ini sama seperti tahun sebelumnya, melalui jalur laut dari Pelabuhan Tembilahan menuju Batam Kepri dan yang biayanya ditanggung oleh Pemerintah Daerah," terangnya.

Lebih lanjut Idrus menerangkan, untuk pendamping keberangkatan Calhaj, masing-masing dua orang di kloter 4 dan 8, yakni Zainal dari TPHI, Guspiandi dari PPIH, serta Suhaidi dan Sumardi dari PPHD.

"Calhaj yang akan berangkat nantinya, diminta berkumpul terlebih dahulu di Masjid Al Huda Tembilahan sehari sebelum jadwal keberangkatan, dengan agenda mengikuti pembacaan Yasin dan do'a, serta sekaligus penyerahan buku kesehatan," tambahnya.

Saat ini, tahapan pelaksanaan Ibadah Haji sudah memasuki proses tes kesehatan terakhir di Kantor Dinas Kesehatan dan penyerahan koper Calhaj di Kantor Kemenag.

Oleh: Adriah Akil

Komentar Anda

Top