ANTARA Riau

logo
  • Home Setelah Dua Minggu, latihan Gabungan TNI AU-RTAF Akhirnya Selesai

Setelah Dua Minggu, latihan Gabungan TNI AU-RTAF Akhirnya Selesai

Pekanbaru (Antarariau.com) - Latihan militer gabungan TNI AU bersama Royal Thai Air Force (RTAF) Thailand dengan sandi Elang Thainesia XVIII tahun 2017 yang telah berjalan dua pekan lamanya di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, berakhir pada Kamis.

Upacara penutupan latihan gabungan tersebut ditandai dengan upacara militer di Lanud Roesmin Nurjadin, yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja.

"Saya percaya melalui latihan bersama ini akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan kedua angkatan udara, terutama bagi penerbang, teknisi dan staf pendukung lainnya," kata Marsekal Madya Hadiyan.

Ia menuturkan bahwa tujuan utama latihan bersama ini untuk memperkuat hubungan baik antar kedua negara, yang selama ini terjalin erat.

Selain itu, kapabilitas serta profesioanlisme baik taktik maupun teknik tempur dalam operasi udara juga akan semakin meningkat.

Sementara itu, Pimpinan RTAF Air Chief Marshal Surasak Toongtong mengakui bahwa latihan bersama ini merupakan kesempatan yang bagus untuk meningkatkan kemampuan dari personel kedua Angkatan Udara dalam hal taktik dan operasi udara.

Dirinya juga berharap hubungan persahabatan kedua negara akan semakin erat dimasa mendatang.

"Begitu juga dengan latihan Elang Thainesia, yang akan terus berkembang dan membawa banyak manfaat bagi TNI AU dan RTAF," tuturnya.

Latihan militer gabungan TNI AU-RTAF berlangsung sejak akhir Juli 2017 lalu dengan melibatkan 300 personel antar kedua negara.

Latihan gabungan itu melibatkan enam unit jet tempur jenis F16 dan dua Hercules milik RTAF dan satu skadron jet tempur F16 "Fighting Falcon" serta Hawk 100/200 masing-masing dari Skadron Udara 16  dan 12 Lanud Roesmin Nurjadin.

Latihan gabungan bilateral tersebut merupakan yang ke 18 kalinya dilakukan antara TNI AU dan RTAF. Kali ini, Pekanbaru menjadi tuan rumah latihan gabungan tersebut, setelah sebelumnya menggelar latihan yang sama dilakukan bersama Republic of Singapore Air Force.


Komentar Anda

Top