ANTARA Riau

logo
  • Home Pemko Pekanbaru Nyatakan Kesiapan Tampung Pengungsi Rohingya

Pemko Pekanbaru Nyatakan Kesiapan Tampung Pengungsi Rohingya

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyatakan siap untuk menampung pengungsi muslim Rohingya, yang saat ini terusir dari tanah Rakhine, Myanmar akibat kebrutalan militer negara tersebut.

"Tadi kami sampaikan bahwa kita siap menampung pengungsi Rohingya. Jika memang diperbolehkan, tidak tertutup kemungkinan kita tampung," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi dihubungi wartawan dari Pekanbaru, Senin.

Ayat yang saat dihubungi sedang berada di Jakarta menuturkan dirinya sedang menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan telah menyampaikan kesiapan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menampung muslim Rohingya, yang saat ini terlunta-lunta tanpa negara akibat kebrutalan militer Myanmar.

Namun, ia mengatakan pihaknya terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus dan pemerintah pusat sebelum dipastikan siap menampung warga etnis Rohingya.

Lebih jauh, Ayat menuturkan saat ini telah ada dua orang muslim Rohinya yang tinggal di Pekanbaru. Kedua pria muslim Rohingya tersebut kini tinggal di Kecamatan Rumbai, dan telah berada di Kota Madani itu sejak Desember 2016.

Menurut dia, Pemko Pekanbaru harus membahas beragam aspek sebelum kemudian memutuskan untuk menampung muslim Rohingya. Di antaranya adalah keterbatasan anggaran, yang kini dihadapi Pemerintah ibu kota Provinsi Riau tersebut.

Selanjutnya, dia mengatakan untuk menampung muslim Rohingya juga harus melibatkan kesiapan masyarakat Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau secara umum.

"Menampung kaum muslim Rohingya, bukan hanya Pemda saja. Tapi kaum muslim di Riau juga pasti akan menampung muslim Rohingya," ujarnya.

Untuk itu, sebelum Pemko Pekanbaru dapat menampung pengungsi Rohingya, dia meminta kepada masyarakat Pekanbaru untuk dapat bersama mendoakan keselamatan muslim Rohingya yang kini dalam keadaan memprihatinkan.

"Sebagai sesama muslim sudah sepatutnya kita bisa saling menolong di antara kita. Jika kita tak bisa membantu dengan berjihad di sana, kita wajib mendoakan kaum muslim di rohingya ataupun dunia agar selalu diberikan kekuatan dan kesehatan," urainya. 


Komentar Anda

Top