ANTARA Riau

logo
  • Home Wabup Siak Sebut Aset SDN 07 Sebagai Milik Pemprov Riau

Wabup Siak Sebut Aset SDN 07 Sebagai Milik Pemprov Riau

Siak (Antarariau.com) - Wakil Bupati Siak Alfedri menyebutkan aset  yang ditempati untuk Sekolah Dasar Negeri SDN 07 Sungai Barbari, Kecamatan Pusako kepemilikannya masih berada ditangan Pemerintah Provinsi Riau.
    
Alfedri kepada Antara, di Siak, Senin, mengatakan pihaknya terkendala untuk menyalurkan bantuan untuk rehabilitasi sekolah itu karena Pemprov Riau belum menyerahkan aset tersebut kepada Pemkab Siak. Bangunan SDN 07 Sungai Barbari yang berlokasi di Jalan Raya Caltex KM 25 Sungai Berbari, Kecamatan Pusako Kabupaten Siak ini sebelumnya adalah bekas SMP Satu atap yang dibangun oleh pemerintah Provinsi Riau untuk menjangkau pendidikan bagi daerah-daerah pedalaman atau pinggiran.
    
"SDN 07 Sungai Barbari itu kan dulunya SMP Satu atap, yang dibangun oleh Pemprov Riau. Saat ini memang kondisinya ada yang rusak," ungkapnya seusai menghadiri sidang paripurna di gedung DPRD Siak.
    
Dia katakan, Pemerintah Kabupaten Siak belum bisa untuk merehabilitasi karena asetnya belum dihibahkan Pemprov Riau pada Pemda setempat. Meskipun begitu, ia sudah memerintahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyurati pihak pemerintah provinsi.
    
"Karena setiap anggaran material harus dikapitalisasi, sementara bangunan tersebut belum menjadi aset Pemda," katanya lagi.
    
Pihaknya juga sudah pernah menyurati Pemerintah Provinsi Riau untuk menghibahkan aset tersebut kepada pemerintah kabupaten Siak supaya direhabilitasi.
    
Kendati demikian, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak menyebutkan biaya untuk merehabilitasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 Sungai Barbari yang berlokasi Jalan Raya Caltex KM 25 Sungai Berbari, Kecamatan Pusako sudah diusulkan menggunakan APBN.
    
"Biaya rehabilitasi sudah kami usulkan menggunakan dana APBN, memang sudah disetujui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, namun kami masih menunggu tanda tangan nota kesepahaman┬┐ (MoU) saja lagi," kata Kepala Disdikbud Siak, Lukman kepada Antara.
    
Dia menyebutkan, ada beberapa sekolah di Kabupaten Siak yang bakal direhab menggunakan bantuan APBN, bahkan pihaknya juga masih mengusulkan tambahannya.
    
"SDN 07 Sungai Barbari salah satu diantaranya yang menerima bantuan rehabilitasi dari APBN," katanya lagi.


Komentar Anda

Top