ANTARA Riau

logo
  • Home Akibat Cuaca Ekstrim, Tiga Rumah Di Bengkalis Porak Poranda

Akibat Cuaca Ekstrim, Tiga Rumah Di Bengkalis Porak Poranda

Bengkalis (Antarariau.com) - Sebanyak tiga rumah milik warga di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, rusak parah akibat bencana alam dua hari berturut-turut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, Jaafar Arif, di Bengkalis, Rabu, menyebutkan, bencana terjadi dua hari berturut turut di daerah itu.

"Senin 8 Oktober lalu rumah milik seorang janda bernama Kim Giok (73) warga Desa Mekeruh. Rumah layak huni yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis itu mengalami rusak berat setelah diterjang gelombang air pasang laut," kata Jaafar Arief.

Dia mengatakan, sebagian rumah terbawa abrasi, sehingga lantai rumah rusak berat, pondasi sudah tergantung dan dinding mulai retak-retak di sebabkan abrasi tersebut. Begitu juga dengan atap seng 8 lembar rusak, akibat diterjang angin kencang.

Selanjutnya peristiwa bencana alam puting beliung juga terjadi pada Selasa 9 Oktober 2017 lalu, yang mengakibatkan dua rumah milik warga Desa Makeruh, yakni Jefriden (27) dan Suparno (37) rusak parah.

"Rumah Suparno, saat kejadian dia bersama isteri dan anaknya, bernama Julita dan M Afis (13). angin puting beliung tersebut mengakibatkan atap rumahnya sebanyak 3,5 kodi rusak dan terbang dibawa angin puting beliung, begitu juga Jefriden, saat kejadian Jefriden bersama isteridan anaknya, Reni Sinarti (27) dan Nur Aumi Fatiha (3) di dalam rumah. Kerusakan yang terjadi saat angin puting beliung tersebut juga membuat atap seng rumahnya sebanyak dua kodi rusak parah dan terbang terbawa angin puting beliung," katanya.

Dari laporan tentang bencana alam ini, lanjutnya lagi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui BPBD langsung bergerak cepat untuk mendata. Selanjutnya akan segera memberikan bantuan logistik kepada korban.

"Namun bantuan rehabilitasi masih dipertimbangkan, mengingat belum tersedianya anggaran untuk bantuan alat material bangunan. Namun jika pada anggaran Perubahan APBD 2017 disetujui, akan segera kita bantu," katanya. 


Komentar Anda

Top