ANTARA Riau

logo
  • Home Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kuansing Eksistensi Dalam Menunjang Pembangunan Daerah

Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kuansing Eksistensi Dalam Menunjang Pembangunan Daerah

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Selama lebih kurang satu tahun Pemerintahan Bupati Mursini dan Wakil Bupati Halim, Provinsi Riau memimpin kota jalur dinilai sangat berhasil, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sukses menjalankan sejumlah kegiatan sesuai harapan masyarakat.

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kuantan Singingi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah berhasil melaksanakan sejumlah program unggulan, sebagai wujud dari tingginya kinerja selama satu tahun perjalanan Pemerintahan Bupati Mursini dan Wakil Bupati Halim.

"Kami terus mengejar pencapaian target itu, terbukti sejumlah kegiatan sukses dijalankan," kata Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kuantan Singingi Ir H Samsir Alam MM di Teluk Kuantan, Selasa.

Plt Kadis Diskominfo mengatakan, existensi instansi yang dipimpinnya dalam menunjang kegiatan pembangunan daerah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No 4 tahun 2016 Tentang Struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Peraturan Bupati No 37 tahun 20016 tentang Kedudukan tugas dan fungsi Diskominfo Kuantan Singingi itu sendiri.

OPD yang berfungsi dan memiliki peran memberikan layanan publikasi informasi penyelenggaraan pembangunan kemasyarakatan dan pemerintahan, sudah sangat baik, sebagaimana amanah yang diberkan sebagai corong pemerntah daerah dalam memberikan pelayanan ke publik.


Diskominfo berhasil menjalankan tugas sebagai pemberi informasi publik sesuai dengan Undang- Undang No 41 tahun 2009 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tersebut, selain itu juga berkaitan dengan adanya program statistik OPD ini dipersandikan dengan registrasi pembangunan untuk lima tahun kedepan yakni 2016- 20121.

Kepala Dinas Komunikasi Informatikas, statistik dan Persandiang Ir H Samsir Alam MM yang didampingi oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandiang Jomaris S.Pd juga menyebutkan, adapun yang menjadi kegiatan unggulan seperti program pembangunan sarana komunikasi dan media massa yang didalamnya terdapat Radio Pemerintah Daerah (RPD) yang sedang pembenahan danproses legalitas, izin penyiaran termasuk peningkatan sarana teknis dan penunjang RPD agar berjalan lancar.

Selain itu ada program kerjasama dengan media massa tahun 2017 yakni sudah berjalan dengan baik, sesuai data yang dimiiki telah menjalin kemitraan dengan delapan media cetak enam koran harian dan dua mingguan dan 24 media onlie serta dua media elektronik TVRI dan RTV.

"Ini bukti dukungan Pemerintahan Bupati Mursini," ujarnya.

Ia juga mengatakan, program selanjutnya ada kegiatan pembangunan teknologi informatika yang bekerja sama dengan desa dengan mengelola aplikasi bersifat parsial yang terintegrasi secara online antara lain aplikasi Sinduk (Sistim Kependudukan), sistem penempatan daerah, sistim keuangan yang perlu ditingkatkan.

"Saat ini sedang digrand desain," tegasnya.

Prorgam unggulan lainnya, sesuai dengan Undang- Undang nomor 14 tahun 2009 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, Diskominfo Kuansing telah membentuk Pejabat Penggerak Informasi Daerah (PPID) yang dikuatkan oleh Surat keputusan (SK) Bupati nomor KPTS 182/IV/2017.

Dengan demikian masing- masing satuan kerja harus membuka diri terhadap perkembangan organisasi masing - masing, tidak ada alasan lagi OPD yang tidak bisa melayani badan publik yang membutuhan informasi, bahkan baru - baru ini pihak Diskominfo Kuansing telah melaksanakan kegiatan sosialisasi pembentukan kelompok informasi masyarakat hingga ketingkat desa.


"Kami mohon dukungan semua pihak agar semua berjalan dengan optimal," pintanya.

Wadah tersebut sebagai perpanjang tangan pihak Dishub Kuansing dalam menginformasikan dan mendokumentasikan kegiatan yang ada ditingkat desa agar terakses dengan baik, ini ditunjang dengan telah menjalin kerja sama dengan PT Ico Plus dalam penyediaan internet.

"Kami berharap semua informasi yang ada dapat diketahui publik," harapnya.

Diskominfo Kuansing merancang infrastruktur yang bisa di link ke OPD hasil semua kegiatan di tingkat pedesaan, ini jelas akan mendukung program berjalan dengan lancar sehingga dapat diketahui semua yang berkaitan dengan PDRB, indek pembangunan, keuangan dan BPS.

Terkait dengan kegiatan Persandian, OPD Diskominfo Kuansing memberikan pengamanan arus transparansi dan dokumentasi dilingkungan pemerintah, instansi ini adalah sangat bertanggungjawab terhadap kegiatan tersebut, dimana sebelumnya menjadi tanggungjawab bagian Humas Pemkab Kuansing.

"Namun pihak Diskominfo Kuansing masih kekurangan tenaga operator dan petugas khusus agar semua kegiatan berjalan lancar," terangnya.

Kepala Bidang Komunikasi Drs Primadian M.Si menambahkan, berkaitan dengan kerja sama dengan sejumlah media, sudah berjalan dengan baik, namun perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan agar tahun 2018 lebih efektif dan optimal.

"Kami membutuhkan kerja sama yang baik dari rekan wartawan maupun media," ujarnya.



Menurutnya, sejak dipercayakan kepada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian untuk meneruskan kerjasama dengan sejumlah media membuat pihaknya harus bekerja keras agar tidak terjadi kesalahan, namun hingga saat ini semua telah berjalan dengan baik. (Advetorial)

Komentar Anda

Top