ANTARA Riau

logo
  • Home Ratusan Anak Imigran Tanpa Pendamping Diselamatkan Di Mediterania

Ratusan Anak Imigran Tanpa Pendamping Diselamatkan Di Mediterania

Palermo (Antarariau.com) - Sebuah kapal penyelamat imigran di Mediterania membawa ratusan anak di bawah umur tanpa pendamping dari 15 negara lebih menuju Italia pada Jumat (13/10).

Aquarius, kapal yang dioperasikan oleh kelompok amal SOS Mediterranee bersama Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres/MSF), membawa 606 orang termasuk 241 anak di bawah umur ke Palermo setelah serangkaian penyelamatan di laut pada Selasa dan Rabu.

Hampir 180 anak kecil tidak memiliki pendamping, kata kelompok itu. Tim penyelamat terlihat menggendong anak-anak paling kecil ke kapal, termasuk balita yang memakai piama dan seorang bayi berusia sepekan dengan selimut merah muda.

"Operasi penyelamatan yang dilakukan Aquarius dalam beberapa hari terakhir di area geografis yang sangat luas menunjukkan bahwa krisis kemanusiaan masih berlangsung atau bahkan memburuk di Mediterania tengah," kata SOS Mediterranee.

Di antara perempuan yang diselamatkan dari sampan reyot, 11 orang sedang mengandung, dua di antaranya sudah memasuki bulan kesembilan.

Para imigran tersebut, yang berangkat dari Libya menuju Italia, berasal dari negara-negara termasuk Benin, Eritrea, Ethiopia, Nigeria, Suriah, Somalia dan Yaman, demikian laporan AFP. 

Komentar Anda

Top