ANTARA Riau

logo
  • Home Disperindag Klaim Tingginya Harga Cabai Akibat Faktor Cuaca

Disperindag Klaim Tingginya Harga Cabai Akibat Faktor Cuaca

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengatakan kenaikan harga Cabai keriting di beberapa pasar tradisional setempat hingga Rp44.000/kilogram dipengaruhi oleh musim hujan di sentra penghasil seperti Medan (Sumatera Utara) dan Bukittinggi (Sumbar).

"Memang kemaren itu ada laporan pasokan Cabai keriting ke Pekanbaru berkurang khususnya asal Medan," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru Masirba Sulaiman di Pekanbaru, Senin.

Masirba menjelaskan pengaruh musim hujan di wilayah sentra penghasil saat ini membuat para petani melakukan pergeseran waktu panen, dari biasanya pagi menjadi sore.

Sehingga terjadi penundaan pengiriman Cabai keriting selama satu hari ke pasar yang membutuhkan pasokan seperti Pekanbaru, ini tentu mengganggu harga.

Misalkan di wilayah Medan beberapa waktu lalu terjadi hujan lebat sehingga petani tidak melakun panen terhadap Cabai keriting menanti reda.

"Selain juga mereka tidak bisa langsung mengepak barang dalam keadaan basah harus dijemur dulu sebab dikhawatirkan akan rusak dan membusuk," tuturnya.

Diperparah lagi pasokan Cabai keriting asal Bukittinggi stoknya terbatas sehingga hal ini memicu harga cabai merah kembali naik di Pekanbaru dari Rp35.000/kg menjadi Rp44.000/kilogram.

Namun demikian ia menyatakan untuk mengimbangi kekurangan pasokan Cabai di Pasar Pekanbaru, para pedagang sudah mendatangkan dari Jawa, yakni Cabai karton.

"Walau Cabai Medan kosong kita kedatangan Cabai dari Jokja, " pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan harga cabai keriting asal Bukittinggi di beberapa pasar tradisional setempat terus naik hingga menembus Rp44.000/kilogram naik dari harga normal Rp30.000/kg.

"Kemaren saya beli cabai merah keriting asal Bukittinggi Rp44.000/kg," kata Ani (35) salah satu ibu rumah tangga di Jalan Kulim.

Pantauan antara di beberapa pasar tradisional Kota Pekanbaru Senin telah terjadi kenaikan harga cabai keriting sebesar Rp10.000/kg.

Dari data yang dihimpun saat ini harga cabai keriting asal Bukittinggi di perdagangkan Rp44.000/kg. Harga ini naik dari sebelumnya hanya Rp34.000/kg.

Komentar Anda

Top