ANTARA Riau

logo
  • Home Untuk Pertama Kalinya Sekjen KKP Kuliah Umum Di Politeknik Dumai

Untuk Pertama Kalinya Sekjen KKP Kuliah Umum Di Politeknik Dumai

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Sekjen Kementerian Kelautan Perikanan RI, Rifki EH memberi kuliah umum perdana kepada 75 taruna Politeknik Perikanan Kelautan Riau di Dumai tentang kebijakan, peluang dan tantangan kedepan, Senin.

Politeknik KP dibangun di Dumai untuk mempersiapkan sumber daya manusia sektor perikanan, sebagai penyeimbang dan pengelola potensi Riau berupa garis pantai sepanjang 2.076 kilometer.

"Sumber daya alam kelautan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, namun potensi ini harus dikelola dan diimbangi kesiapan manusia, karena itu kementerian kp membentuk politeknik di dumai," kata Rifki di Dumai.

Dijelaskan, untuk pendirian Poltek KP ini, kementerian menggandeng pemerintah daerah agar bisa membantu hibahkan lahan, dan gedung tidak termanfaatkan digunakan sebagai ruang perkuliahan.

Garis pantai panjang dimiliki Riau, lanjutnya, dianggap potensi besar untuk pengembangan politeknik kelautan karena selama ini belum tergarap baik, sehingga harus disiapkan tenaga ahli di bidangnya.

"Potensi garis pantai riau ini ibaratnya raksasa tidur, jika dikelola optimal tentu membawa kesejahteraan rakyat, dan kita mendorong agar politeknik ini segera dimulai," sebutnya.

Sementara, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyebut, pendirian politeknik sejalan dengan misi daerah meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan sektor perikanan untuk menarik investor.

Dumai dianggap daerah paling siap untuk menyelenggarakan perkuliahan politeknik perikanan ini, karena selain ada fasilitas gedung, juga bisa mendukung sektor industri strategis berkembang di pelabuhan.

"Potensi dumai ini terletak sektor industri karena ada garis pantai panjang, dan bisa makin dimaksimalkan jika kita sudah mencetak sumber daya manusia bidang kelautan perikanan," kata gubernur.

Politeknik KP Dumai satu dari enam didirikan Kementerian KP RI, dan untuk tahap pertama dibuka tiga jurusan diploma, diantaranya, teknik penangkapan ikan dan studi pengolahan hasil laut.

Saat ini Poltek KP sudah menerima 75 taruna, sebagian besar warga Dumai dari latar belakang anak nelayan, dan selama berkuliah dibebaskan pemerintah dari biaya pendidikan dan makan.

Sekjen KKP RI Rifki EH dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman memberikan kuliah umum perdana kepada calon taruna, dihadiri juga Kepala Badan Riset SDM KKP Bambang Suprapto dan Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo. 


Komentar Anda

Top