ANTARA Riau

logo
  • Home Ini Hasil Pertemuan Legislator Riau Dengan MenteriLHK

Ini Hasil Pertemuan Legislator Riau Dengan MenteriLHK

Pekanbaru (Antarariau.com) - DPRD Riau telah berkomunikasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI membahas perbaikan dan penyempurnaan Rancangan peraturan daerah Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi yang diusulkan untuk dievaluasi beberapa waktu lalu.

"MenteriLHK meminta perbaikan dan penyempurnaan RTRW. Menteri berjanji akan segera menyetujui karena tidak ada masalah prinsipil dalam Ranperda itu," kata Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakannya, bagian yang direvisi MenLHK yakni konsep lahan gambut yang perlu kajian strategis, sementara Pemprov Riau sedang melengkapi persyaratan yang dimaksud.

"Menteri Siti juga membahas ini dengan Gubernur. Jika ini sudah dilengkapi mungkin tidak lama lagi, semoga Raperda RTRW Riau segera disetujui Menteri," ujar Politisi PAN Riau itu.

Menurut informasi, saat ini Tim teknis Pemprov Riau dengan pihak KementerianLHK tengah membahas intens konsep perlindungan lahan gambut.

"Bolanya kan ada di Kementerian dalam Negeri RI dan KemenLHK. Kerja kami (DPRD Riau) telah selesai. Jika ada yang harus diperbaiki akan dibenahi bersama-sama," ujar Sunaryo.

Dikatakannya pula, menyangkut kawasan "holding zone" yang diajukan Pansus RTRW DPRD Riau mendapat apresiasi dari MenLHK Siti Nurbaya.

"Tidak ada persoalan (holding zone) dan tidak dipertanyakan MenLHK justru menyebut kerja Pansus RTRW cukup baik," paparnya.

Sebelumnya diberitakan, MenteriLHK Siti Nurbaya mengaku telah menyurati Menteri Dalam Negeri terkait keputusan belum menyetujui Ranperda RTRW yang diusulkan Pemprov Riau.

MenLHK menyoroti beberapa hal termasuk subtansi kehutanan, kemudian kebijakan nasional tentang perlindungan gambut, sehingga menjadi dasar belum menyakini sepenuhnya Raperda RTRW Riau.Yang pada intinya, KementerianLHK memerlukan kajian lingkungan hidup strategis sebelum memberikan rekomendasi terhadap Raperda RTRW Riau. 


Komentar Anda

Top