ANTARA Riau

logo
  • Home Sambut Tahun Baru, Bulog Riau Sediakan 11 Ton Daging Beku

Sambut Tahun Baru, Bulog Riau Sediakan 11 Ton Daging Beku

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Riau - Kepri menyatakan memiliki stok daging kerbau beku asal India sebanyak 11 ton guna menyambut perayaan hari keagamaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Sekarang sudah ada stok daging beku kerbau di Pekanbaru sebanyak 11 ton," kata Kepala Bidang Komersial Bulog Divre Riau-Kepri M Yusuf di Pekanbaru, Selasa.

M Yusuf menjelaskan stok ini memang sengaja dipasok Kota Pekanbaru mengingat harga daging sapi di wilayah tersebut selalu mengalami kenaikan saat menjelang perayaan hingga mencapai Rp120.000/kg.

Makanya dengan pasokan daging beku kerbau India ini diharapkan akan mampu menekan harga daging di masyarakat.    

"Masyarakat jadi punya pilihan untuk  daging yang di jual Bulog karena lebih murah," tuturnya.  

Tujuannya jelas dia sesuai kebijakan pemerintah pusat untuk menyediakan daging dengan harga lebih murah dari pasar yang mencapai Rp120.000/kg.

"Dengan pengadaan daging beku ini bisa meredam gejolak harga sapi di pasar tradisional Riau," tuturnya.

"Daging Ini akan kami jual di harga Rp80.000/kg kepada masyarakat Pekanbaru," tambah dia lagi.

Ia menyambung terkait pasokan, jumlah daging beku ini masih bisa berubah dan bertambah menurut permintaan masyarakat kedepan.

"Kalau antusias masyarakat tinggi, kita akan tambah stok dari pusat lagi," ucapnya.

Untuk proses pemasaran daging beku oleh Bulog akan dilakukan di kantor Jalan Juanda setiap hari kerja.

Selain itu, dilakukan pada Rumah Pangan Kita (RPK) serta beberapa kegiatan dan pasar murah sesuai koordinasi dengan pemkot setempat.

Ia menilai animo masyarakat cukup tinggi terhadap daging kerbau impor asal India ketimbang jenis daging sapi beku yang sudah dilakukan tahun lalu pada momen yang sama. Ini terbukti lancarnya penjualan saat Ramadan dan Idulfitri tidak ada kendala dan keluhan termasuk terhadap kualitas daging yang dijual.

Ia menambahkan dalam proses pemasaran Bulog  menyebar di kabupaten/kota Riau seperti Pekanbaru, Dumai, Rengat, dan Bengkalis melalui sub Divre Bulog di sana.

Dari keterangan yang dirangkum antara daging kerbau beku asal India ini memiliki tekstur otot hampir sama dengan sapi Indonesia. Karena kerbau India yang disembelih adalah ternak penghasil susu perah sebelumnya bukan seperti di Indonesia digunakan sebagai pembajak sawah.

Sehingga otot daging kerbau beku India tidak sekenyal yang dibayangkan. Akan tetapi hampir mirip sapi. Selain itu rata-rata lemaknya hampir tidak ada berbeda dengan sapi.

Komentar Anda

Top