ANTARA Riau

logo
  • Home Optimalkan Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Sumbar-Riau Gandeng 459 Fasilitas Kesehatan

Optimalkan Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Sumbar-Riau Gandeng 459 Fasilitas Kesehatan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan wilayah kerja Sumbar - Riau telah bekerjasama dengan 459 fasilitas kesehatan "Trauma Center" untuk melayani peserta yang mengalami kecelakaan kerja.
        
Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar-Riau, Budiono saat media gathering di Batam mengatakan pada 2017 ini, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar-Riau telah bekerjasama dengan 459 fasilitas kesehatan dengan 89 Rumah Sakit, 363 klinik/ puskesmas dan tujuh balai latihan kerja. 
       
"Trauma center ini berfungsi sebagai fasilitas kesehatan untuk melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja," katanya, Kamis.
      
Dia katakan, perawatan di trauma center dilakukan hingga peserta dapat kembali bekerja. Bagi para pekerja dapat langsung dilayani ketika terjadi insiden bahkan selain biaya perawatan dan pengobatan yang ditanggung, para pekerja yang mengalami kecelakaan kerja juga mendapat benefit lainnya.
         
Namun, jika tenaga kerja yang mengalami resiko kecacatan, BPJS ketenagakerjaan bekerjasama dengan balai latihan kerja melalui program Return To Work ( RTW ) dengan memberikan pelatihan kepada peserta yang mengalami kecacatan. 
       
"Saat ini, 3.876 perusahaan yang telah berkomitmen mendukung program Return To Work," sebutnya lagi.
       
Selain itu dalam hal pelayanan klaim, peserta yang akan melakukan pengajuan tidak harus ikut antrian lama di kantor cabang. Melainkan bisa melalui layanan elektronik klaim dan Service Point Officer (SPO) di bank yang telah bekerjasama. 
      
"Selain pelayanan terhadap klaim, SPO sendiri berfungsi sebagai tempat melakukan pembayaran iuran dan juga peserta dapat mendaftarkan kepesertaan disana," katanya.

Komentar Anda

Top