ANTARA Riau

logo
  • Home Pelaku Pencurian Dengan Modus Ganjal ATM Akhirnya Diringkus Polisi

Pelaku Pencurian Dengan Modus Ganjal ATM Akhirnya Diringkus Polisi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Sektor Sukajadi, Kota Pekanbaru mengungkap kejahatan pencurian modus ganjal Anjungan Tunai Mandiri dengan tusuk gigi yang kemudian berhasil menarik uang hingga ratusan juta rupiah.

"Dari pengakuan tersangka DW (51), dia telah beraksi di 11 lokasi. Hasil dari kejahatan digunakan pelaku untuk biaya sewa hotel dan untuk berfoya," kata Kepala Polsek Sukajadi, AKP Zulfa dalam eksposnya di Pekanbaru, Selasa.

Uang dengan nilai terbesar yang dapat diambilnya adalah Rp80 juta di ATM Bank Mandiri di Rumah Sakit Eria Bunda. Itu juga merupakan kejahatan terakhir yang dilakukannya yakni pada 10 Oktober hingga akhirnya diringkus pada Sabtu (2/12) lalu.

Menurut kapolsek, tersangka DW mengaku beraksi dengan cara memasukkan terlebih dahulu tusuk gigi ke dalam mesin ATM. Sasaran korban para orang tua dengan berpura-pura membantu korban yang telah memasukkan kartu ATM dan saat akan mengeluarkan, tidak bisa.

"Pada saat itulah pelaku beraksi dengan membantu korban dan menukar kartu ATM dengan warna yang sama, dan pelaku lain mengalihkan perhatian serta menghafalkan nomor Pin ATM," ungkap Zulfa.

Korban kemudian mengetahui hal itu ketika akan mencoba lagi bertransaksi ATM, namun tidak bisa. Selanjutnya korban yang menggunakan "SMS Banking" mendapat laporan pelapor uang yang ada di dalam ATM sudah berkurang.

Para pelaku, lanjutnya beraksi di beberapa ATM yang ada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ataupun rumah sakit yang kurang pengawasan keamanannya. Pelaku mengaku mendapat keahlian ganjal ATM dengan belajar dari internet yang kemudian di praktikkan.

"Diharapkan kepada masyarakat yang telah menjadi korban dari pelaku ganjal ATM ini, untuk segera melapor ke Polsek Sukajadi guna dilakukan pengusutan lebih lanjut," imbaunya.


Komentar Anda

Top