ANTARA Riau

logo
  • Home Pemko Dumai Percepat Persiapan 72 Hektare Kawasan Industri Selinsing

Pemko Dumai Percepat Persiapan 72 Hektare Kawasan Industri Selinsing

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai melakukan langkah percepatan persiapan kawasan industri Selinsing Kecamatan Sungai Sembilan dengan lahan seluas 72 hektar, dan konsentrasi untuk membangun pelabuhan kontainer.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir menyebut, percepatan kawasan industri ini termasuk satu proyek strategis nasional di Dumai, untuk dikelola pemerintah dan dimanfaatkan jadi sumber penerimaan keuangan.

"Untuk mendukung proyek strategis nasional di dumai, pemerintah mempercepat persiapan kawasan industri dan pemerintah mau menyiapkan lahan 72 hektar dengan konsentrasi pelabuhan kontainer," kata Nasir, Minggu.

Dikatakan, dalam rangka persiapan kawasan, saat ini belum ada kegiatan fisik, namun Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Riau sudah lakukan monitoring bersama instansi terkait Pemerintah Dumai sebagai langkah awalnya.

Kehadiran BPKP untuk mengevaluasi kemajuan realisasi dari Keputusan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional dan kesiapan pemerintah daerah mendukung.

"Selain jalan tol dan kereta api, percepatan kawasan juga prioritas proyek stategis nasional di dumai, dan bpkp ingin melihat sejauhmana kesiapan daerah mendukung keputusan presiden," sebutnya.

Pembentukan kawasan ini, lanjutnya, sejak lama direncanakan pemerintah, namun bisa terealisasi sekarang karena terkendala persoalan tata ruang, dan pembangunan bersumber anggaran kementerian terkait.

Pemerintah akan membangun infrastruktur jalan dan jembatan, agar dapat menarik investasi swasta dan pengelolaan bersama pemerintah daerah dengan swasta untuk kontribusi daerah.

"Rancangan desain kawasan sudah ada dan anggaran dari kementerian, kita menyiapkan lahan karena berharap ada kerjasama hingga membangun semua infrastruktur," ucapnya.

Monitoring BPKP dilakukan bersama sejumlah instansi Pemerintah Dumai, diantaranya, dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu, dinas perdagangan, dinas perhubungan dan lainnya. 


Komentar Anda

Top