ANTARA Riau

logo
  • Home Beberapa Atraksi Seni ini Iringi Pendaftaran Balon Pasangan Andi Rachman-Suyatno

Beberapa Atraksi Seni ini Iringi Pendaftaran Balon Pasangan Andi Rachman-Suyatno

Pekanbaru, (Antarariau.com) -  Puluhan seniman mengiringi Arsyadjuliandi Rachman selaku Gubernur Riau petahana, yang memastikan diri maju kembali di Pilkada serentak 2018, saat mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau, di Kota Pekanbaru, Rabu.

Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno (AYO) diarak dengan beragam kesenian daerah dalam sebuah pawai budaya, saat keduanya berjalan kaki ke kantor KPU Riau di Jl. Gajah Mada, Pekanbaru.

Mulai dari seniman Reog Ponorogo, Randai Kuantan, hingga seniman rebana terlihat menyemarakan pawai budaya pada hari terakhir masa pendaftaran bakal calon ke KPU Riau.

"Kami simpatisan sengaja mengalunkan lagu Randai dengan judul 'Sayang Dendu' untuk menyambut Balon gubernur, " kata Ketua Randai Opera Kuantan, Aprizal kepada Antara.

Rombongan opera yang masih muda belia ini dengan kreatif memainkan alat musik biola dan gambus sambil menari.

 Selain itu tampak juga grup Reog Ponorogo menampilkan atraksi di belakang rombongan arak-arakan.

Pasangan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno tiba di kantor KPU sekitar pukul 16.14 WIB, dan didampingi oleh isteri masing-masing. Mereka terlihat kompak mengenakan pakaian tradisional melayu berwarna putih lengkap dengan sarung songket warna kuning.

Di tengah rintik gerimis, ribuan simpatisan pasangan "AYO" terlihat berdesakan ingin mengantarkan kandidat mereka untuk mendaftar. Lima komisioner KPU Riau menyambut mereka dengan pantun melayu.

Pawai budaya pada pendaftaran pasangan "AYO" sangat ramai hingga mengakibatkan kemacetan kendaraan di Jalan Gajah Mada, di depan kantor KPU Riau.

Pasangan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno yang diusung oleh Partai Golkar (14 kursi), Partai PDIP (9 kursi) dan Partai Hanura (2 kursi) sehingga total 25 kursi.

Hingga Rabu sore pada hari terakhir masa pendaftaran, sudah ada tiga pasang kandidat yang resmi mendaftar ke KPU Riau. Sebelumnya ada pasangan Syamsuar-Brigjen TNI Edy Nasution yang diusung oleh PAN, PKS dan NasDem.

Kemudian pasangan Firdaus-Rusli Effendi yang diusung oleh Partai Demokrat dan PPP. Batas waktu pendaftaran di KPU akan ditutup pada pukul 24.00 WIB.

    


Komentar Anda

Top