ANTARA Riau

logo
  • Home Banyak ML Ilegal Ditemukan BPPOM di Pasar Bawah, Ini Keterangannya

Banyak ML Ilegal Ditemukan BPPOM di Pasar Bawah, Ini Keterangannya

Pekanbaru, (Antarariau com) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Kota Pekanbaru bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM serta jajaran kepolisian setempat melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Bawah atau sekarang disebut Pasar Wisata guna mengecek legalitas pangan yang dipasarkan.

"Kami tim Satuan Tugas pemberantasan obat dan makanan Pekanbaru menerima laporan di Pasar Bawah sering dijual produk pangan ilegal, " kata Kepala BBPOM Pekanbaru,  Muhammad Kashuri kepada antara di Pekanbaru, Kamis.
   
Muhammad Kashuri menjelaskan tujuan dari sidak ini adalah memastikan bahwa produk obat dan pangan yang diperdagangkan di Pasar Bawah itu layak dan legal.
    
Sebut dia dalam sidak ini tim memeriksa produk pangannya yang dijual di Pasar Bawah tersebut ada izin BBPOMnya atau tidak, demikian juga dari Diskes. Jika dia produk lokal maka akan mencantumkan label Makanan Dalam (MD)  kalau asal impor harus ada label Makanan Luar (ML).
  
"Dari hasil sidak kali ini tim masih banyak menemukan produk pangan ilegal yang dipasarkan. Khususnya dari luar negeri, " ucap Kashuri.
   
Karena itu sebutnya sidak ini akan jadi agenda rutin tim Satgas pemberantasan obat dan makanan Pekanbaru, bagi pasar-pasar yang disinyalir banyak menjual produk pangan ilegal.
  
Ia menyatakan seperti di Pasar Bawah ini memang berdasarkan data dan laporan selalu menjadi lokasi kunjungan para wisatawan.
  
"Namun di wilayah ini juga sering dijumpai pangan ilegal. Kami selalu mengamankan, setelah itu ada lagi begitu berulang kali, " ujar Muhammad Kashuri.
  
Ini sambungnya disinyalir memang ada pemasoknya baik dalam maupun luar negeri terutama pedagang besar.
   
Karenanya ini kata dia lagi ini akan jadi Pekerjaan Rumah bagi tim untuk mencari dan memberantas siapa pelaku atau pedagang besarnya.
   
Ia menambahkan selain sidak pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada pada pedagang agar tidak menjual pangan ilegal dengan dimintakan komitmennya mau memang stiker bertuliskan bahwa "toko kami tidak menjual pangan ilegal".
  
"Kami memintakan komitment mereka para pedagang agar tidak lagi mau memperdagangkan pangan ilehal, " pungkasnya.
  
Pantauan antara dilapangan kedatang tim Satgas pemberantasan obat dan makanan ke Pasar Bawah cukup menjadi perhatian para pembeli dan pedagang.
  
Tim yang jumlahnya puluhan menyisir satu persatu toko penjual makanan yang memang sudah bisa ditandai produknya tidak memiliki izin.
  
Petugas langsung menyita produk pangan dan membawanya ke Kantor BBPOM Pekanbaru. Sementara pedagang diberitahu dan dimintai perjanjian diatas kertas agar tidak lagi menjajakan produk yang dilarang.

Komentar Anda

Top