ANTARA Riau

logo
  • Home Serius Perbaiki EODB Inilah langkah Bea Cukai

Serius Perbaiki EODB Inilah langkah Bea Cukai

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Indeks Kemudahan Berbisnis ( Ease of Doing Business Index) adalah sebuah indeks yang dibuat oleh bank dunia, untuk menentukan peringkat dalam kemudahan berbisnis.

Negara dengan perangkat yang tinggi menunjukkan peraturan untuk berbisnis yang lebih baik (biasanya lebih sederhana), dan kuatnya perlindungan atas hak milik. Penelitian empiris yang didanai oleh Bank Dunia untuk membuktikan manfaat dari dibuatnya indeks ini, menunjukkan bahwa efek dari perbaikan berbagai peraturan terhadap pertumbuhan ekonomi sangat besar.

Dalam laporan terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Dunia tentang kemudahan berusaha di Indonesia, peringkat kemudahan berusaha Indonesia (EODB 2018) naik 19 peringkat menjadi posisi 72 dari 190 negara yang disurvei. Hal ini sesuai dengan amanat presiden Jokowidodo yang menginginkan Indonesia menempati peringkat 40.

Selasa 20 februari 2018, bertempat di Aula Sabang Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, mengumpulkan segenap Kepala Kantor, Kepala Kantor Wilayah serta kepala kantor di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dalam rapat Tim Perbaikan Peringkat EODB dan percepatan Dwelling Time.

Heru Pambudi mengatakan, pada saat Presiden Jokowi mengamanatkan kepada seluruh jajaran pemerintah agar eodb indonesia bisa naik ke peringkat 40 hal itu merupakan hal yang sulit, akan tetapi pada saat ini menjadi hal yang bisa kita lakukan.

Salah satu kunci untuk peningkatan peringkat pada 2018 sebesar 19 peringkat Adalah penerapan Single Billing System yang memudahkan transaksi trading accross border (perdagangan Internasional) , yang dikontribusikan oleh direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Hal ini membuat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai harus optimis untuk dapat lebih berkontribusi dalam meningkatkan peringkat EODB.

Heru pambudi menjelaskan bahwa jajaran direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan membentuk sebuah tim untuk fokus ke dalam penurunan angka dwelling time dan peningkatan peringkat EODB. Tim ini akan berkoordinasi dan bersinergi dengan kementerian lembaga lain.

"Mudah mudahan Bea dan Cukai dapat berkontribusi dalam peningkatan peringkat EODB, Baik dalam prihal kepabeanan atau cukai."  Harap beliau.

Komentar Anda

Top