ANTARA Riau

logo
  • Home Beri Kuliah Umum di UIR, Presdir Chevron Cerita Inovasi Perusahaan Energi

Beri Kuliah Umum di UIR, Presdir Chevron Cerita Inovasi Perusahaan Energi

Pekanbaru, (Antarariau.com) -  Presiden Direktur PT. Chevron Pacific Indonesia, Albert B.M. Simanjuntak bercerita panjang-lebar bahwa kunci sukses perusahaan energi tersebut dalam menjalankan operasionalnya kepada ratusan mahasiswa teknik Universitas Islam Riau adalah sumber daya manusia.  
 
 "Chevron sangat memperhatikan masalah kualitas Sumber Daya Manusia sebagai aset penting perusahaan. Dengan itu semua maka akan mampu menemukan teknologi-teknologi baru yang dapat digunakan PT Chevron sebagai perusahaan energi," ujar Albert saat menjadi pembicara pada acara "Intellectual Petroleum Fair" di kampus UIR, Pekanbaru, Senin.

Albert juga menjelaskan  bagaimana Chevron terus mengembangkan teknologi untuk melakukan eksplorasi minyak di Riau.

"Awal tahun  1950 an, CPI mulai beroperasi di Riau. Seiring perkembangan waktu kami mengembangkan teknologi eksplorasi dengan sistem injeksi air pada tahun 1970-an. Pada masa inilah berhasil meraih produksi terbesar dengan hasil 1 juta barel per hari," katanya.

Selanjutnya di tahun 1996 an saat produksi kembali menurun kata Albert, PT CPI menemukan sistem injeksi uap yang ternyata mampu meningkatkan produksi minyak hingga 300 ribu barel perhari.

"Saat ini kita sedang menguji coba sistem Surfactan Polimer injection  di sumur Minas dan berhasil meningkatkan produksi hingga 20 persen," terangnya.

Menurut dia Semua teknologi tersebut berhasil dikembangkan berkat adanya SDM di Chevron yang berkualitas dan tidak henti-hentinya berinovasi.

"Kita patut bangga karena putra-putri bangsa kita mampu berkiprah di industri perminyakan. Merekalah yang menjadi tulang punggung pelaksanaan teknologi tersebut. Bahkan, salah seorang dari mereka adalah Lulusan Teknik Perminyakan UIR, yakni saudara Hilmi," jelas Albert.

Tidak berhenti disitu sambung dia saat ini, CPI juga sedang melakukan transformasi digital dalam operasional mereka. Transformasi digital ini harus dilakukan seiring dengan kemajuan jaman yang menuntut efisiensi dalam berbagai bidang.

"Dengan melakukan transformasi digital, kita dapat lebih mudah mengontrol operasional, baik dalam eksplorasi maupun produksi. Sekali lagi ini semua dapat dilaksanakan berkat adanya Sumber Daya Manusia yang terus mengembangkan diri di Chevron," imbuhnya.

Dihadapan masiswa UIR  Albert juga menegaskan bahwa PT CPI selalu membuka diri bagi para lulusan perguruan tinggi di Riau untuk bergabung di perusahaan energi itu.

"Syaratnya punya keahlian di bidang yang dibutuhkan, nilai akademis yang baik, memiliki kemampuan berkompetisi dan selalu mau terus belajar," pungkas Albert .  




Komentar Anda

Top