ANTARA Riau

logo
  • Home Hubungkan Pulau Terisolasi, Meranti Dapat Bantuan Kapal Pera dari Kemenhub

Hubungkan Pulau Terisolasi, Meranti Dapat Bantuan Kapal Pera dari Kemenhub

Selatpanjang, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, akan mendapatkan bantuan hibah kapal pelayaran rakyat (Pera) dari Kementerian Perhubungan untuk menghubungkan pulau terisolasi.

"Meranti menjadi satu-satunya kabupaten di Riau yang memperoleh bantuan hibah kapal dari Kementerian Perhubungan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti Aready di Selatpanjang, Senin.

Aready menjelaskan pihaknya menyambut baik kabar gembira ini karena permintaan ke pemerintah pusat mendapat tanggapan positif dan langsung dikabulkan.

Padahal sebut dia yang meminta cukup banyak sehingga pihaknya sangat bersyukur karena telah diakomodir dari lima Kabupaten yang mengusulkan.

"Hany Kepulauan Meranti yang dijatah kapal Pera berkapasitas 35 GT dengan jumlah penumpang 24 orang itu," ujarnya.

 Ia menyatakan informasi serah terima hibah kapal sudah diperoleh Pemkab Meranti melalui Kemenhub.

 "Penyerahan akan dilakukan di Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, Sulawesi Selatan, Kamis, 19 April 2018,oleh Kementerian Perhubungan," tuturnya.

Menurut dia kapal ini  akan digunakan untuk menghubungkan pelayaran rakyat di daerah terisolasi sehingga dapat membuka akses penghubung orang dan barang dari dan ke daerah tersebut.

Selain digunakan untuk pelayaran rakyat, kapal berbahan dasar kayu dengan fasilitas lengkap seperti GPS, alarm, alat pemadam kebakaran dan black box tersebut juga dapat digunakan  menunjang pariwisata dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan karena sudah dilengkapi dengan fasilitas  pemadam kebakaran yang sangat memadai.

Selain diserahkan kepada Kabupaten Kepulauan Meranti, Kapal Pera berjumlah 24 unit itu juga diserahkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan kabupaten lain di Indonesia.

    ***1***


Komentar Anda

Top