Polda Riau Berlakukan Sterilisasi Area Gedung Daerah Riau

id polda riau, berlakukan sterilisasi, area gedung, daerah riau

Polda Riau Berlakukan Sterilisasi Area Gedung Daerah Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru melakukan sterilisasi Gedung Daerah Provinsi Riau, yang merupakan lokasi pelantikan Kepala Daerah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Senini.

"Sterilisasi telah dilakukan pada sore kemarin, dan terus kita siagakan personel hingga pagi ini," kata Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi kepada Antara di Pekanbaru.

Baca juga:Ini Pesan Gubernur Riau Untuk Kepala Daerah Yang Baru Dilantik

Pelantikan pasangan Kepala Daerah Pekanbaru dan Kabupaten Kampar hasil pesta demokrasi Pilkada serentak (15/2) dilakukan hari ini. Prosesi pelantikan akan dilangsungkan di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Masing-masing Pasangan yang dilantik adalah Wali dan wakil Wali Kota terpilih Pekanbaru Firdaus-Ayat Cahyadi, dan Bupati serta Wakil Bupati Kampar, Aziz Zaenal-Catur Sugeng.

Menurut Edy, pihaknya telah mengantisipasi sejumlah hal dalam pelaksanaan pelantikan tersebut. Seperti pengamanan akan dilakukan secara ketat dengan melibatkan pintu metal detector pada sejumlah titik.

Selanjutnya, sebanyak 627 personel gabungan dari Polda Riau dan Polresta Pekanbaru juga siap untuk diturunkan dalam proses pelantikan itu.

"Insya Allah kita siap untuk mengamankan hasil pesta demokrasi ini," ujarnya.

Baca juga:Pascadilantik, Wako Pekanbaru Fokuskan Pada Pengendalian Harga Sembako

Lebih jauh, Edy mengatakan pihaknya akan fokus pada empat hal, yakni orang pejabat yang akan dilantik, tamu undangan, panitia, dan seluruh orang yang hadir. Selanjutnya barang, lokasi, dan seluruh rangkaian acara pelantikan.

Sementara itu, sistem pengamanan akan terbagi menjadi tiga ring, yakni ring 1, ring 2 dan ring 3 tiga, sehingga pengamanan akan lebih difokuskan pada masing-masing ring. Berikutnya Edy menuturkan pihaknya turut menyiapkan kendaraan taktis serta rute cadangan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.